Kanal

Ketua DKR Atan Lasak Ingin Lakukan Ekspansi Budaya Berbasis Ekonomi, Ini Penjelasannya

RIAUIN.COM - Ketua Dewan Kesenian Riau Taufik Hidayat alias Atan Lasak mengaku optimis dunia kesenian di Riau akan semakin berkembang kedepannya. Namun dengan catatan, masyarakat kesenian harus mampu melakukan lompatan kebudayaan, yakni ekspansi budaya berbasis ekonomi.

"Dewan Kesenian Riau harus melakukan ekspansi budaya berbasis ekonomi. Kalau tidak kebudayaan kita akan tertinggal zaman, dan ditinggalkan generasi milenial," kata Atan Lasak, Selasa (4/7/2020).

Dicontohkan Atan Lasak, misalnya pada lagu Dangkung yang merupakan lagu tradisonal lama. Apabila lagu tersebut disuguhkan apadanya pada zaman sekarang maka diyakini lagu tersebut bakal sepi peminat. Lain halnya jika lagu itu ditambah dengan aransemen musik rapp atau hiphop, maka ia akan mudah masuk ke selera anak muda sekarang.

"Kalau ini disajikan apa adanya, maka kami sebagai seniman sekarang tidak kreatif dibandingkan orang dulu. Orang dulu mencipta, kami untuk mengubah ini saja tak bisa," ujarnya.

Dalam perbincangannya, Atan Lasak juga membahas ide-ide besar kesenian yang menjadi program utamanya sebagai Ketua DKR yang baru saja menjabat. Dia menyebutnya dengan istilah Program Emas DKR.

Perbincangan tersebut dilakukan Atan Lasak bersama host talkshow Mata Pena Eka Putra yang ditayangkan di channel YouTube RiauIN TV.

"Kita mengupas masalah kesenian dan hal-hal lain menarik dari profil Ketua DKR yang baru ini. Silakan ditonton sepenuhnya di Mata Pena Eka Putra hanya di RiauIN TV," kata Taufiq, manajer kreatif RiauIN TV. - vie

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler