Kanal

Mantap, Pemkab Kuansing Kembali Terima WTP Ke-9 Kalinya

RIAUIN.COM - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI perwakilan Riau untuk ke-9 kalinya.

Pencapaian ini merupakan penilaian terbaik kelengkapan administrasi dalam pengelolaan keuangan yang diterima Pemerintah Kabupaten Kuansing tahun 2019 lalu.

Penghargaan WTP ini diterima langsung Bupati Kuansing, Drs H Mursini, Selasa (30/6/2020) siang, di Kantor BPK Perwakilan Riau Pekanbaru. Penerimaan WTP ini juga dihadiri Kepala BPKAD Kuansing Hendra AP.

Atas pencapaian ini, di tahun 2019 lalu, Kuansing termasuk salah satu daerah di Riau yang menerima penghargaan dari pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan, karena 7 kali meraih berturut-turut.

Penghargaan yang diterima Kuansing ini, tidak hanya berupa sertifikat dan tropi, tapi pusat juga berupa kucuran dana DID untuk daerah yang meraih WTP secara berturut-turut. Tahun 2019 Kuansing mendapatkan Rp21 miliar dan tahun 2020 sebesar Rp50 miliar.

Bupati Kuansing, Drs H Mursini MSi melalui Kepala BPKAD Kuansing, Hendra AP menyampaikan rasa terima kasihnya atas pencapaian tersebut. Tentunya kata dia itu menjadi kebanggaan bersama, karena mampu mempertahankan WTP 9 tahun berturut-turut.

"Kita tidak boleh lengah, karena WTP bukanlah segala-galanya. Bukan berarti ada jaminan pengelolaan keuangan tidak ada 'fraud' sebab ke depannya, masih banyak yang perlu di perbaiki," kata Hendra AP.

Tak lupa Hendra, juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh OPD yang telah bekerjasama dalam menyelesaikan laporan keuangan tahun 2019, sehingga Kuansing masih mampu mempertahankan opini WTP. Ia berharap itu bisa menjadi amal ibadah bagi semua pihak.

Kemudian atas kerja keras semua pihak ia menyampaikan tindak lanjut hasil laporan pemeriksaan BPK. Rata-rata untuk setiap kabupaten kota biasanya minimal 75 persen, sementara Kuansing bisa melebihi itu yakni 84,27 persen, disusul Indragiri Hilir 80,29 persen dan Pekanbaru 68,41 persen. - advetorial

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler