Kanal

Pada Akhir Masa Jabatan, Bupati Rohil Apresiasi Kepada Anggota DPRD Yang Komit Selesaikan Ranperda

BAGANSIAPIAPI, Riauin.com -  Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melaksanakan sidang paripurna penyampaian nota keuangan Anggaran Pendapatan  belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun anggaran 2019. Dalam sidang itu juga, Bupati Rokan Hilir, Suyatno.A.Mp menyampaikan Rancangan  Peraturan Daerah (Ranperda) APBD yang disertai dengan agenda penutupan masa sidang akhir kedua tahun 2019.

Sebelum dimulai, ketua DPRD Rokan Hilir, Nasruddin Hasan membuka secara resmi sidang paripurna yang dihadiri 23 orang anggota DPRD  Rohil yang berasal dari unsur pimpinan DPRD dan lintas fraksi. Malam itu, Nasruddin didampingi wakil ketua DPRD Rokan Hilir, Abdul Kosim.
 
"Selama ini wakil rakyat telah banyak membuangkan waktu serta pemikiran dalam agenda pembahasan APBD P secara maraton sehingga dapat  disyahkan dalam waktu yang Relatif singkat pada masa akhir jabatan " tutur Bupati Rohil dalam kesempatan.

Sidang paripurna dibuka ketua DPRD Rohil, H. Nasrudin Hasan, didampingi wakil Ketua DPRD Abdul Khosim, sedangkan anggota DPRD hadiri 23 orang pada malam jumat (30/8/19) kantor DPRD di Batu Bagansiapiapi.

Dalam sambutannya, Bupati Rokan Hilir, Suyatno, A.Mp mengungkapkan apresiasinya kepada seluruh unsur DPRD Rokan Hilir dan lintas fraksi yang telah mengerahkan seluruh pemikiran dan serta memberikan waktu dalam agenda pembahasan APBD Perubahan yang dilaksanakan secara marathon sehingga dapat dilaksanakan dalam waktu secara singkat pada akhir masa jabatan.


Dikatakan Bupati, tahun ini angka APBD Perubahan mengalami perubahan signifikan dari Rp 1,9 Triliun meningkat menjadi Rp 2,4 Triliun.  Total jumlah kenaikan ini sebesar Rp 500 Miliar dan bukannya untuk Kegiatan fisik, tapi juga untuk kegiatan lainnya. Menurut Bupati penyampaian nota keuangan Ranperda ABPD 2020 hari ini sudah sesuai prosedur sudah disampaikan ditarget APBD tahun 2020 sebesar Rp 1.8 Triliun bahkan angka itu belum termasuk lagi DAK tahun 2020. Dari pengakuan anggota DPRD dalam tempo waktu beberapa hari kedepan akan kembali melakukan pengesahan APBD Tahun 2020 .

Mari kita doakan wakil rakyat bekerja maksimal diharapkan masyarakat bila mana masa akhir jabatan bisa selesai sangat luar biasa. "RAPBD 2020 dalam waktu singkat 11 atau 12 hari segera disyah, karena ketua DPRD punya inisiatif, dan komitmen meninggal kenangan akhiri jabatannya, target pengesahan APBD tahun 2020 akan dikebut," pungkas Suyatno.

Dalam kesempatan yang sama, ketua DPRD Rohil, H.Nasrudin Hasan menyebutkan bahwa penambahan APBD P bukan untuk kegiatan fisik melainkan peruntukan tunjangan dan dana bos.
Namun demikian, lanjutnya harus bersyukur dana perubahan naik menjadi Rp 2.4 Triliun APBD P, telah kita disyahkan dalam tempo yang  relatif singkat padahal masih ada waktu tiga pengesahan tersebut.
 
Terkait pembayaran fisik DD dan ADK dalam tiga bulan yang terakhir disalur sama tahun sebelumnya capaian hanya 80 persen.  Dia menambahkan, pembayaran tidak bisa lebih 100 persen karena minimnya anggaran. Kesulitan itu bukan hanya dialami oleh Kabupaten Rokan Hilir, namun juga kabupaten lain mengalami hal yang sama.

Nasrudin menuturkan, masih banyak waktu untuk meningkatkan pencapaian serapan anggaran meskipun hanya selama tiga bulan kedepan. Namun ia yakin dengan kinerja akan melampaui serapan tahun lalu. Pencapaian tersebut akan tercapai karena dana desa akan dialirkan.
“Walaupun kita baru pencapaian kurang lebih mencapai 38,8%, namun dalam tiga bulan terakhir ini pencapaiannya 80%. Insha Allah tidak akan kalah dari pada pencapaian tahun yang lampau,” katanya. (Adv)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler