Rabu, 01 April 2020
Follow Us ON :
 
 
| Pemprov Riau Berencana Alokasikan Rp160 Miliar Tangani Corona | | 4 Hari, PKK Rangsang Barat Buat Ribuan Masker | | Jumlah ODP di Rohil Bertambah 1705 Orang, Pemerintah Lakukan Semprot Disenfektan | | Pemkab Kampar Gelar Musrenbang Secara Online | | PW Muhammadiyah Riau Bentuk Satgas Penanggulangan Covid-19 | | Kecamatan Bandar Petalangan Semprot Disinfektan Massal
 
Cegah Faham Radikalisasi di Kalangan Kampus
FKPT Riau Bangun Sinergitas dengan Universitas Lancang Kuning
Jumat, 13-03-2020 - 05:22:23 WIB

TERKAIT:
 
  • FKPT Riau Bangun Sinergitas dengan Universitas Lancang Kuning
  •  

    PEKANBARU, Riauin.com - Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Riau memandang perlu untuk terus membangun koordinasi dan sinergitas dengan lembaga perguruan tinggi yang ada di Riau.

    Hal tersebut diungkapkan Ketua FKPT Riau Hj Dinawati SAg MM dalam pertemuan para pengurus FKPT Riau dengan Rektor Universitas Lancang Kuning (Unilak) Dr Junaidi berserta jajarannya di gedung Rektorat Unilak, Kamis (13/3/2020).

    "Menyusul semakin tingginya potensi radikalisme di kalangan mahasiswa, maka sangat penting dilakukan kesepahaman para pihak yang terkait untuk mendeteksi dan mengantisipasinya. Pada pertemuan tersebut hal  terkait itu termasuk kita bicarakan," kata Dinawati kepada wartawan.

    Dikatakan, kalangan kampus dan akademisi menjadi perhatian serius dari pemerintah, dalam hal ini Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan FKPT di setiap provinsi.
     
    “Kita tahu mahasiswa itu pola pikirnya kritis. Namun kekritisannya perlu kita kawal dan kita arahkan agar sikap kritis tersebut tidak mengarah kepada pemikiran dan pola-pola paham yang mengarah ke radikalisme dan menolak NKRI,” tambah Dinawati.

    Pada pertemuan itu Dinawati memperkenalkan kepengurusan FKPT Riau periode 2020-2022, yakni Sekretaris RI Edasa MSi, Bendahara Dra Harlina Nurdiyanty, Ketua Bidang Agama Agus Saputera SAg MLis, Ketua Bidang Pemuda dan Pendidikan Rikizaputra, MPd, Ketua Bidang Media Massa, Humas dan Hukum H Eka Putra St MSc, Ketua Bidang Pengkajian dan Penelitian Dr H Tohirin MPd, Ketua Bidang. Perempuan dan Anak Dr Tuti Andriani MPd dan seluruh satgas FKPT Riau. 

    Unilak Siap Bersinergi

    Sementara itu Rektor Universitas Lancang Kuning Dr Junaidi MHum yang didampingi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr Bagi Kadariyanto, MH menyatakan sangat senang atas kunjungan FKPT Riau ke kampus Unilak.

    Menurut Rektor Junaidi, isu-isu radikalisme dan terorisme memang  diperlu dipahami oleh kalangan kampus dan mahasiswa. Untuk itu perlu dibuat program yang tepat agar pesan-pesan perdamaian dan anti radikalisasi dapat diterima dengan baik oleh kalangan kampus. Antara lain mengintensifkan dialog-dialog akademik bersama dosen dan mahasiswa.

    “Dikalangan sebagian kecil mahasiswa bibit-bibitnya ada, bahkan sampai cenderung menolak Merah Putih. Mereka tidak sadar karena ada yang mendoktrinkannya. Kondisi itu polanya memang perlu dialog-dialog dengan memberikan pemahaman-pemahaman kebangsaan secara intensif. Untuk itu Unilak siap bersinergi dengan BNPT dan FKPT,” ujar Junaidi.

    Junaidi juga menyambut positif langkah FKPT Riau yang akan melakukan road show ke berbagai perguruan tinggi dan instansi, serta melakukan kerjasama penandatanganan kesepahaman tentang program radikalisme. 

    "Kami siap melanjutkan pertemuan ini ketingkat penandatanganan MoU dan perancangan program," ujar Junaidi yang pernah menjadi pengurus FKPT Riau periode 2018-2020.(vie)







     
    Berita Lainnya :
  • FKPT Riau Bangun Sinergitas dengan Universitas Lancang Kuning
  •  
    Komentar Anda :

     
    Indeks Berita +
    01 Pemprov Riau Berencana Alokasikan Rp160 Miliar Tangani Corona
    02 4 Hari, PKK Rangsang Barat Buat Ribuan Masker
    03 Jumlah ODP di Rohil Bertambah 1705 Orang, Pemerintah Lakukan Semprot Disenfektan
    04 Pemkab Kampar Gelar Musrenbang Secara Online
    05 PW Muhammadiyah Riau Bentuk Satgas Penanggulangan Covid-19
    06 Kecamatan Bandar Petalangan Semprot Disinfektan Massal
    07 Lurah Kerumutan Semprot Disinfektan di Pasar Kopau
    08 Jokowi Tolak Permintaan Anis Baswedan Buat Karantina Jakarta
    09 731 WNI Status ODP Terjebak Lockdown di India
    10 DPRD Riau Siap Bantu UKM yang Dipaksa Debt Collektor Bayar Cicilan
    11 Antisipasi Wabah Corona, Jokowi Tetapkan Status Darurat Kesehatan
    12 Darurat Sipil Lahir Menumpas Pemberontak, Bukan untuk Virus
    13 Warga Simalingkar Medan Tolak Jenazah Positif Corona
    14 Polri Tunggu Arahan Presiden soal Darurat Sipil Corona
    15 Pemko Kaji Penerapan Jam Operasional Mall dan Pusat Perbelanjaan
    16 Jalan Disemprot Disinfektan, Bupati Rohil Minta Warga Cegah Corona dengan Tetap di Rumah
    17 3.802 Personel Dan 218 Unit Kendaraan Penyemprot Diterjunkan Serentak, Untuk memutus Rantai Penyebaran Covid-19 Di Riau
    18 Gubri Pimpin Pelapasan Tim Penyemprotan Disinfektan
    19 Pekanbaru Siapkan Opsi Local Lockdown Pertengahan April, Alasannya Mengejutkan
    20 Pemkab Meranti Siapkan Rp1,5 Miliar untuk Bantuan Sosial
    21 Pilkada Ditunda, KPU Sepakat Anggaran Dialihkan untuk Corona
    22 Gubri Terbitkan Edaran Antisipasi Penyebaran COVID-19 Sambut Ramadan
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2015-2018 PT. RIAU INTI MEDIA, All Rights Reserved