Gubri Akan Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Di Daerah


Ahad, 31 Maret 2019 - 15:59:38 WIB
Gubri Akan Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Di Daerah
PEKANBARU, Riauin.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan meningkatkan sarana prasarana pusat kesehatan yang jauh dari ibu kota/kabupaten. Hal ini untuk m mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

"Kedepan kami akan bersinergi dengan kabupaten/kota dan pusat, bagaimana kecamatan yang jauh dari ibu kabupaten/kota ditingkatkan sarana dan prasarana Puskesmas," kata Gubernur Riau, Syamsuar, kepada wartawan.

Menurutnya, kalau ingin meningkatkan sektor kesehatan, harus ada perubahan dan perbaikan. "Apalagi tidak semua pasien yang ada di Riau ini bisa masuk di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Ahmad. Tak muat tempat tidurnya. Makanya perlu adanya peningkatan fasilitas di daerah," katanya.

Upaya ini dilakukan sembari peningkatan kapasitas rumah sakit daerah yang bisa dijadikan rumah rujukan di provinsi Riau.

"Kami ingin ada rumah sakit rujukan di Riau, tapi bukan membangun rumah sakit baru. Melainkan kita memperkuat rumah sakit yang ada di kabupaten/kota sehingga nanti bisa menjadi rujukan," paparnya. 

"Menambah fasilitas rumah sakit, tambah dokter. Ini juga sekaligus memberdayakan tenaga kesehatan yang ada di daerah," tambahnya.

Namun untuk mewujudkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, menurutnya tak bisa dilakukan Pemprov Riau sendiri, perlu keterlibatan kabupaten/kota.

"Semua itu perlu kerja keras kita semua. Tak bisa dikerjakan sendiri oleh provinsi, harus ada dukungan kabupaten/kota," ujar mantan Bupati Siak dua periode ini. (int/nol)