Legislatif Dumai Diminta Dukung Pembangunan Infrastruktur Listrik


Selasa, 22 November 2016 - 17:27:08 WIB
Legislatif Dumai Diminta Dukung Pembangunan Infrastruktur Listrik Ilustrasi
Riauin.com - Kepala Perwakilan Masyarakat Peduli Listrik (MPL) Provinsi Riau, Supendy, mengingatkan agar seluruh elemen harus mendukung pembangunan infrastruktur listrik yang saat ini sedang dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Termasuk di Dumai dan beberapa daerah lainnya di Riau. Karena pembangunan tersebut merupakan salah satu prioritas pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah.
 
Sejauh ini, masyarakat sudah menjerit karena kebutuhan listrik belum maksimal terpenuhi. Karena itu, jika ada pihak-pihak yang berupaya menghalang-halangi pembangunan tersebut, sama saja mereka tidak peduli dengan masyarakat di bawah.
 
"Seluruh elemen harus mendukung, mulai dari masyarakat, eksekutif dan legislatif di daerah. Termasuk juga pihak swasta dan stakeholder lainnya. Pembangunan ini untuk masyarakat," ujarnya.
 
Ia mengakui, sejauh ini ada beberapa masyarakat yang mempertanyakan karena kawasan mereka terkena pembangunan infrastruktur listrik. Namun setelah dijelaskan, semuanya bisa memahami. Karena ada ada kompensasi yang akan diterima masyarakat.
 
"Sejauh ini tidak ada yang membahayakan warga. Kawasan yang dilalui untuk pembangunan infrastruktur listrik sudah melalui kajian. Jadi tidak mungkin pemerintah merugikan dan membahayakan masyarakat. Setiap ada masalah, selalu ada solusinya. Jadi kita minta semua elemen mendukung pembangunan ini, jangan sebaliknya menghalang-halangi. Karena ini kebutuhan masyakat," tegasnya.   
 
Ia menambahkan, persoalan yang ada di Dumai, sebenarnya bukanlah penolakan. Itu hanya beberapa orang yang sengaja mempolitisir pembangunan infrastruktur listrik untuk kepentingan lain.
 
"Kita minta masyarakat berpikiran jernih. Dan dewan serta pemerintah harusnya mendukung pemabangunan untuk rakyat ini. Rencana dewan untuk menggelar hearing dadakan harus dikaji lagi demi kelancaran pembangunan untuk masyarakat," ujarnya.
 
Saat ini di Dumai akan dibangun transmisi baru mulai dari Gardu Induk (GI) menuju ke GI di daerah Kawasan Industri Terpadu (KIT). Ia berharap jangan ada pihak-pihak yang demi kepentingan pribadinya menghalangi pembangunan tersebut.
 
"Transmisi yang akan dibangun itu berkapasitas 150 KV," tambahnya. **