Malam Ini, Warga Riau Bisa Lihat Supermoon


Senin, 14 November 2016 - 23:49:28 WIB
Malam Ini, Warga Riau Bisa Lihat Supermoon
Riauin.com, Pekanbaru - Malam ini, Senin (14/11/2016) menjadi malam yang istimewa karena masyarakat di Riau bisa menikmati sinar bulan yang lebih terang dibandingkan purnama biasanya. Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Slamet Riyadi mengatakan, fenomena alam yang disebut supermoon ini dapat dilihat mulai senja hingga menjelang fajar datang esok hari.
 
"Bulan sudah kelihatan semenjak senja menuju malam," kata Slamet seperti dilansir riauonline.

Ia menjelaskan, puncak supermoon atau perigee akan berlangsung lebih dulu pukul 19.27 WIB. Kemudian, puncak purnama akan menyusul pukul 20.52 WIB, setelah itu fenomenanya akan mulai mengecil.
 
"Pada waktu itu bulan sudah terbit di seluruh Indonesia dan posisinya sudah cukup tinggi di atas horison. Sehingga supermoon 14 November 2016 akan sangat ideal untuk diamati di seluruh Indonesia, tanpa terkecuali," jelasnya.
 
Khusus untuk wilayah Riau, kata Slamet, supermoon dapat dilihat di Kota Pekanbaru, Pelalawan dan Kuantan Singingi. Namun sayangnya supermoon tak akan terlihat jika cuaca mendung.

NASA menyebut fenomena supermoon yang terjadi hari ini menjadi bulan purnama terdekat dengan Bumi dalam kurun waktu 69 tahun. Dan manusia di berbagai penjuru dunia tak akan melihat fenomena seperti ini hingga tahun 2034 mendatang.

Orbit bulan mengelilingi Bumi berbentuk elips, sehingga jarak antara dua benda langit ini berubah. Ketika bulan purnama berada di jarak terdekat dengan Bumi, maka bulan akan terlihat lebih besar dan lebih terang dari biasanya. Astronom biasa menyebutnya dengan "supermoon."

Supermoon muncul menjadi antara 14 persen dan 30 persen lebih terang dari bulan purnama biasa. Fenomena supermoon terjadi saat bulan mencapai titik terdekat dengan bumi dalam kondisi bulan penuh atau purnama. Supermoon kali ini menjadi istimewa karena merupakan supermoon terbesar selama 68 tahun sejak 1948. (red/bbs)