Antisipasi Harga Mahal Jelang Natal dan Tahun Baru, Dewan Minta Digelar Operasi Pasar


Selasa, 18 Desember 2018 - 15:28:59 WIB
Antisipasi Harga Mahal Jelang Natal dan Tahun Baru, Dewan Minta Digelar Operasi Pasar
PEKANBARU, Riauin.com - Jelang Natal dan Tahun Baru, dikhawatirkan harga sembilan bahan pokok (Sembako) mengalami kenaikan. Pasalnya saat ini ada beberapa harga komoditi yang mulai naik, seperti tomat dan bawang merah. Termasuk harga beras yang masih tergolong mahal.

Untuk itu, kalangan legislatif di DPRD Kota Pekanbaru berharap Pemerintah Kota (Pemko) bersama Bulog untuk melakukan operasi pasar di setiap Kecamatan di Pekanbaru.

"Kita lihat pergerakan harga sembako saat ini mulai beranjak naik. Untuk itu kita minta Pemko dan Bulog untuk mengadakan operasi pasar di titik-titik padat penduduk, tujuannya untuk menstabilkan harga. Lihat saja operasi pasar oleh Bulog kemarin harga daging sapi hanya Rp77 ribu per kilogram. Tentu ini sangat membantu sekali bagi masyarakat terlebih lagi masyarakat dalam menghadapi natal," ungkap Ruslan Tarigan anggota DPRD Kota Pekanbaru, Selasa (18/12/2018).

Tidak hanya daging, Politisi PDI Perjuangan ini berharap Bulog juga bisa melakukan operasi pasar untuk komoditi beras, pasalya menurut Ruslan Tarigan harga beras masih mahal, baik beras medium maupun beras premium.

Di samping itu, Ruslan berharap operasi pasar digelar di setiap kecamatan di Pekanbaru minimal 2 titik setiap Kecamatan, dengan tujuan untuk tekan harga di pasaran.

"Misalnya jika pedagang mengambil untung sekitar Rp 4 ribu dengan adanya operasi pasar, pedagang mengurangi jumlah keuntungan yang diperoleh setiap komoditi, kita tidak mematikan pedagang tetapi setidaknya dikurangi karena saling berbagi itu lebih indah," pungkas Ruslan.(int/nol)