Wow! Pemko Pekanbaru Gelontorkan Rp 40 Milyar untuk Pilwako 2017


Rabu, 19 Oktober 2016 - 08:43:57 WIB
Wow! Pemko Pekanbaru Gelontorkan Rp 40 Milyar untuk Pilwako 2017
Riauin.com, Pekanbaru - Pesta demokrasi Pemilihan Walikota (Pilwako) Pekanbaru 2017 mendatang, pemko menyiapkan dana Rp 40,8 milliar melalui APBD Kota Pekanbaru. Informasi ini diungkapkan Plt Kepala BPKAD Kota Pekanbaru, Alek Kurniawan, Selasa (18/10/2016) kemarin.

"Dana Rp 40,8 milliar tersebut akan diperuntukkan bagi kebutuhan penyelenggaraan Pilwako Pekanbaru. Diantaranya dana untuk KPU Pekanbaru, Panwaslu serta Polresta, Dandim dan juga Satpol PP serta Kesbangpol," terang Alex.
Dana tersebut akan dialokasikan secara bertahap melalui APBD Pekanbaru murni 2016 sebesar Rp 18 miliar. Selanjutnya dalam APBD Perubahan dianggarkan sebesar Rp 11 miliar.

"Untuk alokasi dana yang diakomodir dalam APBD murni sudah kita cairkan, namun untuk yang melalui APBD Perubahan masih dalam proses," jelasnya.

Alek menambahkan, penganggaran dana yang dilakukan ini berdasarkan usulan yang disampaikan oleh Satpol PP Pekanbaru. Dimana untuk anggaran pengamanan Pilwako yang diperuntukkan bagi Polresta senilai Rp 5 miliar dan Kodim senilai Rp 1,3 miliar.

"Untuk alokasi dana pengamanan masih akan ada kemungkinan akan dialokasikan lagi melalui APBD 2017 mendatang, mengingat untuk Kodim melalui APBD Perubahan baru dianggarkan Rp 500 juta," tuturnya.
Alek menambahkan, untuk pencairan dana di APBD perubahan belum bisa dilaksanakan, sebab APBD perubahan Pekanbaru dalam proses verifikasi di Pemerintah Provinsi Riau.

"Sambil berjalan, kita minta kawan-kawan Polresta, Kodim, KPU dan Panwaslu mengajukan permohon, nanti kita siap NHPDnya, karena APBD Perubahan sedang diverifikasi. Jika selesai maka bisa dicairkan," tutupnya. (red)