Ruang Kreatif Ladang Karya Bagi Masyarakat Indonesia


Kamis, 13 September 2018 - 16:16:59 WIB
Ruang Kreatif Ladang Karya Bagi Masyarakat Indonesia
Pekanbaru, Riauin.com - Roadshow bincang kreatif yang diselenggarakan oleh Garin Workshop berkerjasama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation di Anjung Seni Idrus Tintin, Rabu Malam (12/9/2018). Roadshow ini bertujuan mencari Karya Seni untuk bergabung di Ruang Kreatif yang telah mengabdi untuk Indonesia selama tiga tahun belakangan.
Pimpinan Ruang Kreatif, Garin Nugroho dalam Raodshow ini  menyebut ruang kreatif  menjadi ladang karya bagi masyarakat Indonesia. Garin juga mengatakan Ruang Kreatif ini juga tempat kita berkembang dan bergembira bersama.

“Berproses lalu deskripsikan karya seni anda dalam Ruang Seni,” katanya.

Garin juga berharap dari Ruang Seni ini bisa melahirkan karya-karya seni budaya supaya Budaya Indonesia tetap ada dan tidak hilang ditelan zaman.
Pemateri Roadshow lainnya, Ayu Laksmi menyebut dalam berkarya seni harus mengetahui apa yang akan dikerjakan. Tujuannya, menurut Ayu supaya masyarakat tahu dan bisa membantu seni tersebut.

“Buatlah seni yang mudah dimengerti orang lain,” Sebut Ayu yang juga pemeran Ibu dalam Film Pengabdi Setan.

Senada dengan Garin Nugroho dan Ayu Laksmi, Pemateri dari Rumah Seni Otniel Dance Community, Otniel Tasman  menyebut Ruang Seni ini menjadi tempat ia semakin berkembang. Dari Ruang Seni ini ia menyebut telah banyak mendapatkan pengalaman berharga.

“Ditambah lagi manfaat lainnya saya bisa mengisi banyak acara dan berbagi ilmu,” sebutnya.

Menurut Budi Pratama, Penikmat acara Ruang Seni ini mengatkan banyak sekali manfaat yang didapat dari bergabung dengan Ruang Seni. Menurutnya, Ruang Seni ini menjadi tempat orang-orang awam menjadi berkembang.

“Terkhusus masyarakat di luar Jawa, sangat susah mengembangkan seni jika tidak ada wadah,” katanya.

Budi Pratama berharap kedepannya Ruang Seni ini terus maju dan dapat berkembang hingga seluruh penjuru Indonesia.
Roadshow Ruang Seni selanjutnya akan dilaksanakan di Solo 26 September 2018, kemudian di Bali 28 September 2018 dan berakhir di Makassar, 3 Oktober 2018. (Adrial Ridwan)