Prona 2016 Rohul Tak Capai Target, Dari 2.300 Berkas Baru Seribuan yang Dientri


Jumat, 23 September 2016 - 16:17:59 WIB
Prona 2016 Rohul Tak Capai Target, Dari 2.300 Berkas Baru Seribuan yang Dientri Kasi hak tanah dan pendaftaran tanah BPN Rohul, Nasrul
Riauin.com, Pasir Pangaraian - Pencapaian Badan pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) untuk program pemerintah dalam percepatan pend‎aftaran tanah milik masyarakat, dalam Program Legalisasi Aset atau yang lebih dikenal dengan sebutan Proyek Nasional Agraria (Prona) tahun 2016 bisa dikatakan jauh dari target.
Informasi yang disampaikan Kasi hak tanah dan pendaftaran tanah BPN Rohul, Nasrul, Kamis (22/9/2016) kemarin, dari jatah 2.300 persil yang ditargetkan, baru 1.675 persil saja yang dientri. Sedangkan sisanya masih berupa berkas prona yang sudah diukur lapangan sebanyak 1.542 persil, berkas prona yang sudah terbit peta bidang 750 Persil, dan berkas prona yang sudah riktan 582 Persil.
Lalu berkas prona yang sudah terbit sk hak kepemilikan ada 191 Persil, prona yang sudah  terbit sertifikatnya 169 Persil dan berkas prona yang sudah diserahkan sertifikatnya sebanyak 93 Persil.
Bahkan jika dilihat dari sertifikat tanah yang sudah diserahkan ke pemiliknya, pencapaiannya sangat jauh dari target. Karena baru 93 Persil yang sudah diserahkan sertifikatnya.
Ini artinya masih jauh dari harapan realisasi, melihat sebentar lagi sudah memasuki bulan oktober 2016.
"Terjadinya keterlambatan program prona bukan kesalahan dari kita melainkan masyarakat itu sendiri yang dari awal tidak mempersiapkan berkas surat seperti, pajak bumi bangunan (PBB)
dan termasuk  bea porolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB)," jelas Nasrul.
Dia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang akan ikut program prona tahun 2017 mendatang, untuk menyiapkan persyaratan yang sudah ditetapkan.
"Bagi masyarakat yang ikut program prona, yang dibebankan hanya PBB dan BPHTB. Sedangkan untuk pengukuran lahan, termasuk anggota yang turun ke lapangan sudah ditanggung oleh negara," ucap Nasrul. [red]