Penerima Beasiswa Pemprov di UMRI Ikuti Pembinaan Pembangunan Karakter


Senin, 01 Agustus 2016 - 17:27:32 WIB
Penerima Beasiswa Pemprov di UMRI Ikuti Pembinaan Pembangunan Karakter
AGAR tidak hanya sekedar sama kualitasnya dengan Mahasiswa biasa, Mahasiswa penerima Beasiswa dari pemerintah Provinsi Riau dikampus Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) diberi seminar pembangunan karakter, kegiatan itu menampilkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riau sebagai Dr H Kamsol sebagai key note speaker, Senin (1/8/2016).

Dalam pemaparannya, Kamsol mengingatkan kepada Mahasiswa untuk bisa terus menggali berbagai potensi yang ada dalam diri mereka, sehingga tidak hanya bertumpu pada penerimaan ilmu yang didapat dari Dosen di Kampus.

"Karena Mahasiswa itu dituntut bisa kreatif, dan harus mampu mempunyai pandangan jauh kedepan, tidak hanya cukup pintar dari segi menangkap ilmu yang diajarkan oleh Dosen, tetapi seorang Mahasiswa juga dituntut untuk bisa memiliki karakter, yang bisa membawa atau menjadi nilai lebih bagi dirinya ketika menyelesaikan kuliah nantinya," jelas Kamsol.

Karena itulah, Mahasiswa dituntut untuk bisa aktif berorganisasi dikampus, karena melalui organisasi itulah akan banyak hal yang bisa menjadikan seorang Mahasiswa mapan ketika tidak lagi kuliah. "Terlebih bagi penerima beasiswa ini, tentu dituntut bisa menjadi orang-orang yang handal dan mempenyai keterampilan yang bisa membawa kebaikan dan kemudahan disaat sudah tidak kuliah lagi, yakni ketika hidup ditengah masyarakat banyak," pungkasnya.

Sementara Rektor UMRI Dr H Muarak menyebut kegiatan yang diikuti 240 Mahasiswa tersebut merupakan kegiatan yang diharapkan mampu memberi nilai lebih bagi Mahasiswa, hal itu juga sejalan dengan keinginan UMRI agar ada bedanya antara Mahasiswa yang mendapat beasiswa dengan yang tidak.

"Sof skill ini sangat penting, ini merupakan kemampuan non teknis yang tidak semua orang bisa dengan mudah mengikutinya, terlebih dari kalangan Mahasiswa, karena biasanya kegiatan ini memerlukan biaya yang tidak murah," sebut Mubarak.

Mubarak menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan selama Lima hari tersebut akan sangat bermanfaat bagi Mahasiswa jika diikuti dengan sungguh-sungguh akan mampu memberi nilai lebih bagi mereka nantinya, terutama dalam kemampuan berbicara didepan orang dan juga dalam menyikapi ketika ada persoalan.

"Intinya kegiatan ini akan mampu memberi ilmu lebih bagi mereka yang mengikutinya, ini yang kita harapkan. Karena sebagai penerima beasiswa sudah selayaknya mereka bisa memiliki nilai atau kemampuan lebih dari mereka yang tidak menerima beasiswa," pungkasnya.(nik)