Ribuan Peserta Pawai Takbir di Bengkalis Diguyur Hujan


Rabu, 22 Agustus 2018 - 10:10:43 WIB
Ribuan Peserta Pawai Takbir di Bengkalis Diguyur Hujan
BENGKALIS, Riauin.com - Ribuan peserta pawai takbir Idul Adha 1439 H yang dilepas Bupati Bengkalis diwakili Sekretaris Daerah H Bustami HY, Selasa  (21/8/2018) malam tadi diguyur hujan.

Akibatnya, berbagai kendaraan hias dengan motif yang sebagian besar bertemakan kurban tidak hanya basah, melainkan juga rusak.

Pantauan media ini di lapangan, sebelum pawai takbir dilepas, tepatnya pada sore hari memang terjadi gerimis. Sebagian kendaraan hias yang sudah berjejer di jalan tidak jauh dari lokasi pelepasan pawai ditutup dengan menggunakan plastik hitam. Beruntung, menjelang maghrib hujan berhenti dan menyisakan mendung serta angin sepoi-sepoi.

Hingga pawai dilepas oleh Sekretaris Daerah sekitar pukul 20.30 WIB, tidak ada tanda-tanda akan turun hujan. Proses pelepasan pawai pun dilanjutkan seperti biasa, dimulai dengan sambutan Bupati Bengkalis kemudian lafaz  takbir oleh Sekda, Wakil Ketua DPRD H Indra Eet Gunawan PhD, Kepala Kemenag Bengkalis H Jumari dan Ketua iMUI Kabupaten Bengkalis, H Amrizal.

Usai lafaz takbir dilanjutkan dengan pemukulan bedug secara bersama-sama dan baru kemudian pelepasan peserta pawai secara resmi oleh Bupati Bengkalis diwakili Sekda. Berada pada barisan paling depan mengawali pawai, pengurus dan jamaah Masjid Agung Istiqomah. Berada di barisan berikutnya masjid Nurul Huda Rimba Sekampung, kemudian masjid Al Hidayah Kampung Tengah, dan seterusnya dengn total peserta pawai sekitar 38 kelompok yang terdiri dari masjid, musala, SLTA/SLTP dan perguruan tinggi.

Belum lagi semua peserta pawai melewati mimbar  kehormatan, angin bertiup agak kencang dan perlahan-lahan turun gerimis. Kurang dari setengah jam, tepat para peserta pawai masih melalui rute-rute pawai, hujan lebat pun turun. Para peserta pawai ada yang berlarian berteduh, tapi ada juga yang tetap bertahan dengan pakaian basah kuyup. Tak hanya itu, kendaraan hias pun basah dan beberapa ornamen seperti hiasan lampu ikut padam. (int/nol)