Gubri: Sektor Pariwisata Tidak Bisa Dilepaskan dari Usaha Kuliner


Selasa, 14 Agustus 2018 - 06:40:14 WIB
Gubri: Sektor Pariwisata Tidak Bisa Dilepaskan dari Usaha Kuliner
Riauin.com - Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman didampingi istri Hj Sisilita Arsyadjuliandi, mengunjungi Festival Makanan Riau (Riau Food Festival) yang digelar di halaman Mall SKA Pekanbaru, 11-13 Agustus 2018 lalu.

Pada acara itu, Gubri yang akrab disapa Andi Rachman itu menyampaikan bahwa sektor pariwisata tidak bisa dilepaskan dengan usaha makanan dan minuman atau biasa disebut dengan istilah kuliner. Menurutnya, wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah pasti membutuhkan makan dan minum untuk kebutuhan energinya.

"Hal ini merupakan peluang untuk mendapatkan pemasukan dari aktivitas belanja yang dilakukan wisatawan sehingga mampu meningkatkan pendapatan daerah," kata Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Fahmizal Usman juga menjelaskan, pertumbuhan usaha kuliner di Provinsi Riau saat ini sangat menjanjikan. Banyak ragam jenis makanan dan minuman yang bermunculan. Selain itu bidang usaha kuliner seperti restoran, rumah makan dan cafe bermunculan.

"Untuk itu diperlukan pelatihan dan pembinaan kepada para pengelola yang bergerak di bidang ini guna memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan dalam hal kualitas rasa makanan dan kebersihannya. Termasuk juga penerapan sikap sapta pesona kepada konsumen agar dapat memberikan kesan yang mendalam kepada wisatawan," ujar Fahmizal Usman.

Riau Food Festival 2018 ditaja oleh Dinas Pariwisata Provinsi Riau, diikuti oleh peserta yang berasal dari 12 kabupaten/kota di Riau. Kegiatan ini bertujuan sebagai pembinaan serta inovasi dalam mengembangkan kuliner maupun oleh-oleh khas Riau.

Selain diikuti peserta dari kabupaten/kota, kegiatan ini juga menghadirkan Chef dari Jakarta, yakni Stebi Rafael dan Ahmad Taufik Executive Chef Hotel Park Cilandak Jakarta Selatan.(rilis)