Apindo Dukung Pemprov Riau Kelola Blok Rokan


Selasa, 31 Juli 2018 - 12:32:40 WIB
Apindo Dukung Pemprov Riau Kelola Blok Rokan
PEKANBARU, Riauin.com - Dukungan pengelolaan ladang minyak Blok Rokan oleh Pemerintahan Daerah melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terus mengalir. Kali ini dukungan diberikan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Riau.

Ketua Apindo Riau, Wijatmoko Rahtrisno kepada wartawan, mengatakan, sudah saatnya potensi besar di daerah dikelola oleh Sumber Daya Manusia (SDM) daerah

Menurutnya masalah minyak dan gas (Migas) bukan persoalan baru, tapi sudah bergulir beberapa tahun terakhir ini. Karena itu, pihaknya berharap Pemprov Riau dapat berperan di dalam pengelolaan Blok Rokan.

"Kita harapkan Pemprov Riau secara daerah dapat berkaloborasi dengan operator Blok Rokan yang baru nanti. Karena kontrak Chevron akan berakhir 2021,"ucapnya, Selasa (31/7/2018) di kantor Gubernur Riau.

Wijatmoko menyampaikan, persoalan Blok Rokan merupakan isu strategis daerah yang harus yang perlu diperjuangkan bersama.

"Kita secara kelembagaan mendukung itu. Karena kita mencontohkan Freeport saja bisa kenapa kita tidak. Papua saja bisa kok Riau tidak, gitu loh. Itu poin sederhananya, ketika orang lain bisa tentu kita harus bisa," ungkapnya.

Karena itu, Wijatmoko menyarankan berapapun saham yang bisa dipegang Pemprov Riau jangan dipikirkan, yang penting sumber daya daerah Riau berperan di dalam pengelolaan Blok Rokan.

"Mau berapa persen pun sahamnya itu negosiasi. Ini isu-isu baru yang harus kita dorong," cakap Wijatmoko.

Terkait soal keterlibatan Pemprov Riau dalam pengelola Blok Rokan membutuhkan padat modal dan SDM, dia menyatakan konsekuensi logis sebuah bisnis bisa dipikirkan.

"Untuk SDM Pemprov Riau bisa menarik stokeholder lainnya, sedangkan sumber dana dari mana bisa dicari, bisa pinjaman lunak atau pinjaman jangka panjang," tukasnya. (int/nol)