Presiden Jokowi Diundang

Peletakkan Batu Pertama Pembangun Bendungan Irigasi Raksasa


Rabu, 20 Juli 2016 - 18:17:21 WIB
Peletakkan Batu Pertama Pembangun Bendungan Irigasi Raksasa
DALAM waktu dekat ini di Rokan Hulu akan dilaksanakan peletakan batu pertama perencanaan pembangun Bendungan Irigasi Raksas Sungai Rokan Kanan. Rencananya, peletakan batu pertama itu akan dilaksanakan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Informasi ini disampaikan Ketua Panitia Pelaksana, Hardizon Said Nasution saat ditemui di Kantor Sekretariat Panitia Jalan Diponegoro, Nomor 267 Sampai 269, Kelurahan Pasir Pangarayan, Rabu (20/6/2016).

Katanya, pihaknya telah berkomunikasi dengan Staf Khusus Presiden RI Jokowi, untuk dapat hadir dalam peletakan batu pertama perencanaan pembangunan Bendungan Irigasi di Sungai Rokan Kanan Pasir Pengarayan.

Selain itu katanya, dijadwalkan Presiden Jokowi juga akan meresmikan Masjid Agung Nasional Islamic Center (MANIC) Pasir Pengarayan. "Kami sudah koordinasi dengan staf khusus Pak Jokowi yakni, Fadli Yasir yang juga Anggota DPR RI. Meski belum ditentukan waktunya, Insyaallah Pak Presiden langsung yang meletakkan batu pertama pembangunan Bendungan Irigasi serta peresmian MANIC Rohul," katanya didampingi Sekretarisnya Endar Rambe.    

Lanjutnya, Presiden Jokowi juga akan memantau potensi energi pangan, listrik dan migas serta budaya yang dimiliki daerah berjuluk Negeri seribu Suluk tersebut. "Jadi, jika potensi energi pangan dan listrik terwujud. Implikasinya, Rohul akan menjadi salah satu kabupaten yangi bisa memenuhi kebutuhan pangan untuk Riau dan di luar Riau, termasuk kekuatan energi pangan di Sumatera bahkan Nasional," paparnya.

Sambungnya, selama ini krisis energy listrik menjadi dinamika yang sangat ruet di tengah-tengah masyarakat. Langkah untuk pembangunan Bendungan Irigasi di Sungai Rokan ini dianggap penting untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Kemudian, manfaat lainnya, jika pembangunan Bendungan Irigasi ini terwujud, kedepan persoalan masyarakat di Kecamatan Bangun Purba yang sering terjadi banjir akan teratasi.
“Disamping itu terbukanya lapangan kerja baru dengan adanya areal-areal persawahan yang akan dialiri air Bendungan Irigasi tersebut. Jadi, dengan adanya Bendungan Irigasi di Rohul. nantinya, masyarakat Kecamatan Rambah Hilir dan Tambusai tidak akan mengeluarkan biaya untuk Pamsimas,” urainya.(lim)