64 Desa se-Rohil Bakal Gelar Pemilihan Kades Serentak


Rabu, 13 Juli 2016 - 18:02:35 WIB
64 Desa se-Rohil Bakal Gelar Pemilihan Kades Serentak Bupati H Suyatno saat memimpin rapat persiapan pelaksanaan Pilkades serentak
BUPATI Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno memimpin rapat persiapan pemilihan kepala Kepenghuluan (Kades-red ) Se-Rohil. Dalam rapat tersebut Bupati turut didampingi asisten tata Pemrintahan HM Rusli syarief dan Polres Rokan Hilir di lantai 4 kantor Bupati, Rabu (13/7/2016).

Selain itu sebagai peserta rapat dihadiri oleh para Camat dan kepala dinas kantor badan
dilingkungan pemerintah rokan Hilir.H Suyatno mengaskan kepada jajaran supaya pelaksanaan Pilkades serentak harus bisa aman dan tidak terjadi kekacauan.

"Sebab berdasarkan informasi yang kita terima ini masi ada persoalan seperti di Kecamatan Kubu, Pujud yang belum kunjung selesai masalah administrasi,"kata H Suyatno saat memebri arahan kepada jajaran dan camat sebagai orang yang bertanggung jawab langsung dalam pilkades serentak ini.

Bupati Suyatno langsung menanyakan kepada camat kedua kecamatan tersebut terkait masih ada persoalan adm pelaksanaan pilkades serentak diwilayahnya,saat itu kedua Camat tersebut melaporkan kepada bupati persoalan dilapangan telah teratasi dan siap melaksanakan Pilkades serentak yang akan diselenggarakan Ahad 17 Juli 2016 mendatang.

Terkait pembiayaan untuk Panitia penyelenggara kedua wilayah tersebut langsung menyanggupi akan menyumbang sebesar 25 juta, dengan konsekwensi pelaksanaan Pilkades bisa aman dan sukses.Bupati minta camat agar mempersipakan pesta demokrasi tersebut dengan sebaik-baiknya dan camat harus bertanggung jawab jika ada perselisihan dalam pelaksanaan Pilkades.

Saat itu Bupati minta kepada Camat setelah rapat tersebut untuk menelpon para sekcam untuk menggelar rapat koordinasi dengan mengundang seluruh calon kepala kepenghuluan, panitia penyelenggara ,tim sukses,tokoh masyarakat,BPK dan jajaran di Desa pada Hari Kamis 14 Juli 2016, besok.

"setelah rapat ini pak camat semuanya pulang ke Kecamatan masing-masing, kecuali Camat
Pasir Limau Kapas, karena tidak ada transpor setiap saat,"pinta H Suytano.

Menurut Bupati bahwa Pilkades tersebut Pemerintah Kabupaten memiliki kepentingan-kepentingan disitu. Pemerintah Kabupaten tidak ada diam semata-mata menghadapi Pilkades
itu. Bupati juga mengingatkan terkait dengan DPT,namun bupati mengaku jauh-jauh hari
pihaknya telah mengingatkan masyarakat.

"Mungkin pada saat petugas kita datang,mereka tidak berada ditempat,maka mereka tidak
terdata. Dan ini nanti bisa jadi persoalan keributan,padahal sejak empat bulan lalu kita
sudah mengingatkan, tapi jangan dibiar-biarkan, nanti jadi persoalan,"ujar Suyatno.

Bupati juga minta kepada para pementau jika terjadi persoalan kecurangan baik itu di TPS 1,2 dan 3 jangan bertindak langsung, "akan tetapi langsung melaporkan dengan Asisten
tata pemerintahan dengan telpon,"imbuhnya. (zai)