Warga Lirik Temukan Telur Buaya Rawa di Pinggir Jalan


Sabtu, 30 Juni 2018 - 11:12:05 WIB
Warga Lirik Temukan Telur Buaya Rawa di Pinggir Jalan
RENGAT, Riauin.com - Warga Desa Seko Lubuk Tigo di Kecamatan Lirik menemukan telur buaya di semak-semak pinggiran jalan yang belum beraspal. Jalan tersebut selalu ramai dilewati warga terutama sekali yang hendak menuju dan pulang dari PT Mitra Kembang Selaras (MKS), anak perusahaan PT RAPP.

Kepastian bahwa yang ditemukan warga tersebut merupakan telur buaya ditinjau langsung oleh Camat Lirik, Suhadi. Dalam peninjauan ke lokasi buaya bertelur tersebut, Camat didampingi Kepala Desa (Kades) Seko Lubuk Tigo, Jailis serta beberapa warga setempat.

Kepada wartawan, Camat beserta warga dikejutkan oleh seekor buaya yang langsung melompat ke air parit gajah yang dibuat perusahaan perkebunan tersebut. Ternyata telur yang sempat dibawa warga pulang tersebut dijaga oleh buaya.

"Telur buaya yang kita temukan di lokasi berjumlah satu butir dan sempat dibawa pulang warga namun dikembalikan lagi. Letak buaya bertelur ini berada persis di pinggiran jalan menuju perusahaan dan diperkirakan dijaga oleh buaya itu sendiri," kata Camat, Jumat (29/6/2018).

Menurut Camat, pihaknya sudah mendengar bahwa ada buaya bertelur di pinggiran jalan dan selanjutnya melakukan koordinasi dengan berbagai pihak. Hal tersebut dimaksudkan agar jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan memakan korban jiwa.

"Kita berharap agar warga tidak mengganggu dan mengambil telur buaya tersebut serta berhati-hati terutama saat melewati jalan menuju perusahaan di Desa Seko Lubuk Tigo. Kita masih menunggu tim dari BKSDA Kabupaten Inhu datang guna melakukan tindakan yang perlu dilaksanakan," sebut Camat.

Ketika ditanya mengenai jumlah buaya yang ada di sekitar lokasi tersebut, Camat mengatakan, pihaknya belum mengetahui secara pasti. Namun menurutnya, yang pasti jumlahnya lebih dari satu ekor dan nantinya pihak BKSDA bisa dibantu masyarakat untuk mengetahui jumlah buaya yang diperkirakan buaya rawa tersebut.(int/nol)