Wagubri Pesimis Izin Embarkasi Antara Riau Keluar Tahun Ini


Kamis, 28 Juni 2018 - 12:10:18 WIB
Wagubri Pesimis Izin Embarkasi Antara Riau Keluar Tahun Ini
PEKANBARU, Riauin.com - Wakil Gubenur Riau (Wagubri), H Wan Thamrin Hasyim, hari ini rapat lintas kementerian membahas nasib Embarkasi Haji Antara di Kementerian Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Jakarta.

"Kalau ketemu paling-paling saya hanya melepaskan hati saja. Dugaan saya pesimis bisa (mendapakan izin embarkasi Antara)," kata Wan Thamrin kepada wartawan.

Rasa pesimis Wan Thamrin karena masalah waktu yang tidak memungkinkan lagi untuk mendapatkan izin embarkasi dari Kementerian Agama (Kemenag).

"Sekarang ini sudah akhir bulan Juni. Karena kemarin saat Deputi Bidang Pendidikan dan Agama Kementerian Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Agus Sartono meninjau embarkasi disamping saya nelpon Direktur Kemenag, dia bilang sudah telat. Itu kan jawab lucu. Apanya yang lambat? Usulan Embarkasi Antara Riau ini sudah sejak tahun 2016," ungkapnya.

Bahkan menurutnya surat dari Staf Kepresidenan yang tembusannya ke Menteri PMK tidak dijawab di Kemenag. Karena itu, dia menduga selama ini Menag mendapat informasi yang salah.

"Yang saya takutkan itu Menteri Agama buat keputusan dari informasi yang salah. Kan sayang seorang menteri mendapat info yang salah," ujarnya.

"Yang bermain itu di tingkat-tingkat bawah. Kuncinya satu, saya main tuduh saja kalau Kanwil Agama Riau itu lebih senang pergi ke Batam," cetusnya.

Terlebih mantan Bupati Rokan Hilir ini menyayangkan saat Menag mengirim timnya ke Riau melihat kesiapan embarkasi antara Riau, yang hanya didampingi Kanwil Kemenag Riau

"Waktu ada tim yang dikirim Menag ke Riau, kok sendirian saja Kepala Kanwil Kemenag Riau (Ahmad Supardi Hasibuan) membawa tim. Kalau bawak kami apa salahnya," tegasnya.

"Setelah pulang ke Jakarta katanya jalan sempit tak bisa menampung 30 bus. Alasannya, tak ada ruang makan, kita sudah bangun," tambahnya.

Padahal, sebut Wan Thamrin, saat Direktur Pendidikan dan Agama Kementerian PMK meninjau embarkasi mengatakan sarana prasarana yang ada di embarkasi antara Riau tidak ada masalah lagi.

"Waktu ninjau beliau sempat naik lift dan mengecek kamar tempat tidur jemaah. Dia bilang sarana yang kita sediakan sudah lebih dari permanen. Terus terang sedih saya menengok orang tua-tua harus buka koper (bermalam) di Batam baru bisa berangkat ke tanah suci. Tambah lagi mereka kena biaya," cakapnya.(int/nol)