Wabup Rohil Resmikan Stan Bazar RBT


Jumat, 17 Juni 2016 - 17:28:05 WIB
Wabup Rohil Resmikan Stan Bazar RBT
DITANDAI dengan pengguntingan vita, Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hilir (Rohil), Drs Jamiluddin meresmikan Stan Bazar Perayaan Ritual Bakar Tongkang (RBT) ditaman kota Bagansiapiapi, Jumat (17/6/2016).

Meskipun diguyur hujan, Wabup  didampingi oleh Plt Sekda dan puluhan Pimpinan SKPD pemkab Rohil lainnya tetap melakukan memotong pita dan melakukan peninjauan beberapa Stan Bazar.

Dalam sambutannya, Wabup Jamiluddin mengatakan kalau iven RBT ini salah satu objek wisata Negeri seribu kubah yang telah dikenal oleh masyrakat luas. Dengan adanya iven tahunan ini, para pedagang juga ketiban rezeki karena banyaknya wisatawan yang berkunjung dan berbelanja diperayaan ini, "katanya.

Pemkab Rohil sendiri katanya tetap memberi dukungan terhadap iven ini. Pasalnya, Iven ini selain mampu mengangkat perekonomian masyrakat juga mampu menarik perhatian Puluhan ribu wisatawan baik lokal maupun manca negara untuk berkunjung kenegeri seribu kubah.

"kita lihat saja kota Bagansiapiapi saat ini dipadati puluhan ribu wisatawan dari berbagai daerah dan negara. Momen ini tentunya bisa dimanfaatkan untuk menambah pendapatan Asil daerah (PAD), "ujar Jamiluddin.

Ditambahkan, selain wisatawan, Momen besar itu juga dimanfaatkan oleh para pedagang dari luar seperti dari sumbar, Riau dan daerah lainnya untuk berdagang. Namun demikian, pemkab kita tetap memprioritaskan pedagang lokal untuk berjualan di bazar RTB, "Tegasnya.

Mantan Wakil Ketua DPRD Rohil dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Rohil ini mengharapkan semua pihak untuk bersinergi agar lalu lintas tetap berjalan dengan baik. "memang bazar RBT ini memakan badan jalan, namun pihak terkait lainnya diharapkan mampu mengaturnya agar tidak terjadi kemacetan, "pinta Jamiluddin.

Dirinya juga meminta kepada panitia agar membongkar Stan Bazar setelah Perayaan RBT selesai. "begitu Replika Kapal Tongkang dibakar, maka besoknya Stan yang ada sudah harus dibongkar. Karena areal yang dipakai itu adalah jalan umum, "pungkasnya. (zai)