Ini Strategi Telkomsel Jadi Raja Bisnis Digital


Kamis, 28 Mei 2015 - 13:34:42 WIB
Ini Strategi Telkomsel Jadi Raja Bisnis Digital
JAKARTA - Telkomsel memasuki usianya yang ke-20 ternyata tak cuma mau jadi penguasa seluler nasional saja, tapi juga ingin jadi raja di bisnis digital seiring transformasi perusahaan menjadi digital company.

"Untuk menuju ke sana, kita memang ada rencana untuk akuisisi sebuah perusahaan konten. Ini masih bagian dari strategi besar Telkom Grup untuk menjadi King of Digital," ungkap Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Namun sayangnya tak diungkap perusahaan yang dimaksud. Telkomsel akan segera
mengumumkan akuisisi jika sudah terealisasi. "Namanya proses akuisisi, kalau dibuka nanti harga jadi naik," jelasnya.

Telkomsel sendiri sepanjang kuartal pertama 2015 berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp17,142 triliun. Raihan omzet itu naik 12,1% dibandingkan periode kuartal tahun sebelumnya sebesar Rp15,289 triliun.

Penopang utama pendapatan masih dari layanan suara sebesar Rp 8,321 triliun dan SMS sekitar Rp3,201 triliun. Namun, Telkomsel berhasil meraup pendapatan sebesar Rp410 miliar dari layanan Digital Services sepanjang kuartal pertama 2015 atau naik 31,1 persen dibandingkan periode sama tahun 2014 sebesar Rp312,74 miliar.

"Layanan Digital Services dari Telkomsel terus menunjukkan peningkatan seiring terus bertumbuhnya layanan mobile broadband," lanjut Ririek.

Kalau dilihat dari bisnis digital yang kombinasi layanan dan konektivitas, di kuartal pertama
2015 pendapatannya sebesar Rp 4,622 triliun naik 37,4 persen dibandingkan periode sama 2014
lalu sebesar Rp3,36 triliun.

Dijelaskannya, ada dua strategi besar perusahaan demi meningkatkan pertumbuhan
perusahaan dan menjaga posisi dominan Telkomsel, yakni memperkuat bisnis organik dan
pengembangan anorganik.

"Ada beberapa perusahaan konten yang tengah didekati. Nanti diumumkan. Kami memilih
akuisisi, karena dalam jangka pendek bisa memberikan pendapatan, sedangkan secara jangka panjang bisa memberikan capital gain," pungkasnya, seperti dikutip di detik.com.