Hendak ke Bali, 3 turis tersesat di Pelalawan dan tak punya uang


Jumat, 13 Mei 2016 - 16:46:11 WIB
Hendak ke Bali, 3 turis tersesat di Pelalawan dan tak punya uang Wisman yang sedang berada di Bali
INGIN jalan-jalan ke Bali, tiga orang warga negara asing asal Prancis, Jerman dan Korea Selatan malah ditemukan tersesat tanpa memiliki uang di Jalan lintas Timur, tepatnya di Simpang Kualo, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Kepada anggota Polres Pelalawan yang menemukannya, para turis ini mengaku baru saja melancong dari Malaysia dan berniat melanjutkan wisata ke Pulau Dewata, Bali.

"Mereka memilih jalur alternatif dari Kota Dumai, Riau, dengan tujuan Provinsi Jambi. Tapi tersesat di Kabupaten Pelalawan karena kehabisan uang," ujar Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo, Jumat (13/5) seperti dilansir dari Merdeka.com.

Dikatakan Guntur, adapun identitas turis tersebut adalah Benoit Silva dari Prancis, Park Incheol dari Korea Selatan dan Karl Elisabeth dari German. Mereka semua telah dibantu petugas kepolisian setempat untuk naik bus gratis ke Jambi.

Guntur menyebutkan, turis tak berduit ini memang sudah kekurangan uang sejak melancong ke Malaysia. Karena ngotot ingin pergi ke Bali dan menghemat biaya, mereka milih masuk ke Kota Dumai melalui jalur perairan.

Di Kota Dumai provinsi Riau, tiga turis ini kemudian memilih jalur darat dengan menaiki bus tujuan Provinsi Jambi melalui jalan lintas timur. Namun uangnya kemudian habis dan tersesat setibanya di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan.

"Dari Dumai menuju Pelalawan sebelum ke Jambi, tiga turis ini menaiki bus secara estafet secara gratis atau tidak mengeluarkan uang," kata Guntur.

Pengakuan tiga turis ini, tujuan ke Jambi sebelum berangkat ke Bali karena rombongan turis lainnya dari tiga negara tersebut sudah menunggu untuk melanjutkan perjalanan. "Kemudian mereka dibantu kepolisian untuk naik bis ke Jambi secara gratis,"kata Guntur.

Pemeriksaan petugas, para turis ini membawa tas ransel berisi pakaian bersih, pakaian kotor, tenda, alat musik gitar, seruling, peralatan mandi dan kertas karton bertuliskan Jambi.(ria)