Besok Warga Pekanbaru Bisa Melihat Gerhana Bulan


Selasa, 30 Januari 2018 - 14:03:29 WIB
Besok Warga Pekanbaru Bisa Melihat Gerhana Bulan
PEKANBARU, Riauin.com - Menyaksikan fenomena alam langka sepertinya memang tidak boleh terlewatkan. Nah, Rabu (31/1/2018) besok, salah satu fenomena alam langka akan terjadi di Indonesia, gerhana bulan total. Gerhana ini bisa dilihat di seluruh Indonesia, termasuk di Pekanbaru.

Staf Analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Bibin Suliyanto, mengatakan bahwa warga Pekanbaru tetap bisa menyaksikan fenomena langka ini.

"Fenomena ini ada 7 fase, dari fase gerhana dimulai hingga gerhana berakhir. Namun khusus untuk Riau, khususnya Pekanbaru, hanya bisa melihat 2 fase saja yakni fase gerhana mulai dan juga fase gerhana sebagian mulai," ungkapnya.

Lebih lanjut Bibin menjelaskan, masyarakat juga bisa menyaksikan secara langsung tanpa menggunakan alat tambahan.

"Kalau untuk gerhana bulan aman, tidak perlu memakai alat tambahan. Fenomena ini bisa dilihat mulai pukul 17.49 Wib hingga pukul 18.48 Wib," ungkapnya.

Lebih lanjut Bibin mengatakan fenomena ini bisa dilihat jika cuaca di Pekanbaru cerah. "Kalau dari prediksi kita besok cuaca cerah. Jadi warga Pekanbaru Riau bisa menyaksikan fenomena langka ini," pungkasnya.

Sementara itu, dari rilis yang diterima wartawan, Deputi Bidang Geofisika BMKG, Muhamad Sady mengatakan, gerhana bulan total adalah pefistiwa ketika terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga cahayanya tidak sampai ke Bulan. Peristiwa ini hanya terjadi pada saat bulan purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Durasi dari fase totalitas, yaitu dari fase gerhana total mulai (U2) hingga gerhana total berakhir (U3), berlangsung selama 1 jam 16,8 menit.

"Durasi ini merupakan salah satu durasi totalitas terlama dalam abad ini," sebutnya.

Wilayah Indonesia yang dapat mengamati keseluruhan proses gerhana bulan total adalah Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, Bali. Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara dan Papua.(int/nol)


sumber: cakaplah