Wabup Resmikan Pembangunan Fisik 14 Desa se Rambah Samo


Jumat, 26 Januari 2018 - 07:04:22 WIB
Wabup Resmikan Pembangunan Fisik 14 Desa se Rambah Samo
PASIRPENGARAIAN, Riauin.com - Wakil Bupati Rokan Hulu H Sukiman meresmikan hasil pembangunan infrastruktur di 14 desa se Kecamatan Rambah Samo yang dipusatkan di Desa Masda Makmur, Kamis, (25/1) siang.

Peresmian pembangunan fisik di seluruh desa se Kecamatan Rambah Samo yang anggarannya bersumber dari bantuan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2017 itu, ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Wakil Bupati Rohul H Sukiman.

Turut menyaksikan, Kapolres Rokan Hulu AKBP Yusup Rahmanto SIK MH, Ketua GOW Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, Kepala Organisasi Pernagkat Daerah (OPD) Rohul, Camat Rambah Samo Drs Zulbahri, para kades dan perangkat desa se Kecamatan Rambah Samo.

Wabup Sukiman menyebutkan, peresmian hasil pembanan fisik yang anggarannya bersumber dari bantuan DD dan ADD tahun 2017 di 14 desa se Kecamatan Rambah Samo yang dipusatkan di Desa Masda Makmur, sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah dan memotivasi masyarakat untuk mendukung program yang dilaksanakan pemerintah desa, kecamatan dan Kabupaten Rohul.

Sukiman mengaku bangga melihat kebersamaan dan kekompakan masyarakat di Kecamatan Rambah Samo yang dinilai sangat antusias dan berpartisipasi aktif dalam mendukung program pembangunan infrastruktur di desa se Kecamatan Rambah Samo yang anggarannya bersumber dari bantuan DD dan ADD tahun 2017.

‘’Pembangunan fisik yang bersumber dari ADD dan DD tahun 2017 Untuk Kecamatan Rambah Samo yang pertama dan lengkap seluruh desanya kita resmikan. Dari hasil evaluasi monitoring lapangan, dinilai cukup baik. Apalagi dari 10 desa terbaik pengelolaan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), tiga desa di Kecamatan Rambah Samo yakni teluk aur, rambah samo dan Desa Marga mulya, itu menunjukkan positif bagi daerah,’’ katanya.

Sukiman mengatakan, dengan besarnya kucuran dana desa oleh pemerintah ke desa se Rohul, saat ini masyarakat desa telah menikmati pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Desa yakni seminisasi, gorong-gorong, drainase, embung dan lainnya.

Dengan harapan, desa dan kecamatan semakin maju dan Kabupaten Rohul semaki baik, karena desa sebagai ujung tombak pembangunan.

Diakuinya, dalam pengelolaan keuangan desa terutama dalam pelaksanaan pembangunan yang anggarannya bersumber dari bantuan ADD dan DD  tahun 2017 di 14 desa se Kecamatan Rambah Samo sangat baik.

‘’Kita sebelumya sudah melihat langsung dilapangan di sejumlah desa di Kecamatan Rambah Samo, pembangunan fisik yang dilaksanakan cukup memuaskan, dari hasil monitoring lapangan terhadap pembangunan desa yang anggarannya dari ADD dan DD tahun lalu. Harapan kita, tahun 2018, dengan semakin besar dana yang dikucurkan pemerintah ke desa, pembangunan semakin bermamfaat dan dinikmati oleh masyarakat di pedesaan,’’ sebutnya.

Sukiman mengingatkan kepada para kepala desa se Kabupaten Rokan Hulu, agar dalam pengelolaan keuangan desa, harus transparansi, dan mematuhi aturan dan ketentuan yang ada. Sehingga kedepan tidak ada kepala desa dan perangkat desa yang terlibat dalam kasus hukum.
Dia menambahkan, didalam melaksanakan pembangunan di pedesaan, BPD, kades besera perangkat dan Tokoh Masyarakat di desa harus menunjukkan kebersamaan dan kegotong royongan dalam memajukan pembangunan di desanya. Jika ada kesalahan, maka harus di ingatkan, jangan saling menjatuhkan.(yus)