Wujudkan Embarkasi Antara,

Pemprov Riau Tanggung Dana Transportasi Rp4,6 Juta Per Jemaah Haji


Kamis, 25 Januari 2018 - 15:40:12 WIB
Pemprov Riau Tanggung Dana Transportasi Rp4,6 Juta Per Jemaah Haji
PEKANBARU, Riauin.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berkomitmen mewujudkan Embarkasi Antara Haji tahun 2018. Beberapa syarat dari Kementerian Agama (Kemenag) pun sudah dipenuhi Pemprov Riau, salah satunya pembiayaan transportasi jemaah.

Demikian disampaikan Asisten I Setdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie kepada wartawan, Kamis (25/1/2018) di ruang kerjanya. Dia mengatakan, untuk mendapat izin Embarkasi Antara Pemprov Riau harus memenuhi syarat administrasi dan fisik dari Kemenag.

"Hasil evaluasi tahun lalu itu, ada tiga persyaratan yang harus kita penuhi untuk mewujudkan Embarkasi Antara. Pertama tersedianya anggaran yang cukup untuk biaya transportasi lokal," katanya.

Karena menurutnya untuk embarkasi antara, dana transportasi dari Pekanbaru-Batam itu tidak boleh dibebankan kepada jemaah, tapi harus ditanggung oleh pemerintah daerah. Apakah itu dari provinsi atau kabupaten/kota. Bisa juga gabungan antara provinsi dan kabupaten/kota.

"Tapi atas persetujuan pak gubernur Riau, maka dana transportasi disiapkan oleh Pemprov Riau yang dianggarkan di APBD 2018. Jadi satu syarat sudah terpenuhi," ujarnya.

Syarat kedua, sebut Ahmad Syah, harus ada payung hukum adanya kesiapan pemerintah soal dana transportasi tadi. Makanya harus disiapkan peraturan daerah (Perda) sudah dibahas pekan lalu oleh DPRD Riau, dan ketiga fasilitas yang bersangkutan dengan sarana prasarana.

"Alhamdulillah untuk dana transportasi kita sudah siapkan di APBD 2018 sebesar Rp4,6 juta per satu kepala jemaah. Anggaran itu untuk transportasi pergi dan pulang Pekanbaru-Batam. Jadi kali saja kalau tahun 2017 kouta jemaah kita 5.100, maka dana yang disediakan lebih kurang Rp2,3 miliar," tukasnya. (int/nol)


sumber: cakaplah