DPRD Riau Reses, Masing-masing Kantongi Uang Rp100 Juta


Sabtu, 23 April 2016 - 16:29:07 WIB
DPRD Riau Reses, Masing-masing Kantongi Uang Rp100 Juta Pelantikan anggota DPRD Riau masa bakti 2014-2019
DEWAN  Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Riau mulai melaksanakan reses masa sidang pertama tahun 2016 di Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing untuk serap aspirasi rakyat yang sudah dimulai sejak kemarin, Jumat (22/4/) selama satu minggu ke depan.
    
"Sebanyak 63 anggota DPRD Riau mulai melaksanakan reses masa sidang pertama tahun 2016 ke daerah pemilihan masing-masing, untuk menyerap aspirasi dari konstituennya," ujar Wakil Ketua DPRD Riau, Manahara Manurung, di Pekanbaru, Sabtu (23/4/2016)
    
Lebih lanjut, Reses Anggota DPRD Riau tersebut telah diatur dalam Tata Tertib (Tatib) dewan, yang diumumkan dalam rapat paripurna penutupan masa sidang pertama yang diselenggarakan pada Kamis (21/4) kemarin. Kemudian aspirasi rakyat tersebut akan disampaikan ke Gubernur untuk dimasukkan dalam rencana kerja Kepala Daerah.
    
"Reses anggota dewan itu sesuai tatib dewan pasal 70 ayat 4 dan 5, yakni reses dilaksanakan 3 kali dalam satu tahun. Pada setiap penutupan masa sidang, dan reses dilakukan paling lama 6 hari kerja," ucap Manahara seperti dilansir dari Antara.
    
Kemudian disampaikannya, Reses tersebut dilaksanakan dari tanggal 22 hingga 29 April mendatang. Selain itu anggaran yang dipakai anggota dewan tersebut sudah disediakan dalam Anggaran Pembelanjaan Belanja Daerah (APBD) Riau.
    
Selanjutnya disampaikan politisi partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, waktu reses ini dipergunakan untuk mengunjungi daerah pemilihan dan menyerap aspirasi masyarakat setempat.
    
Sementara itu, hasil penyerapan aspirasi dari konstituennya tersebut, masing-masing anggota dewan akan membuat laporan dan melaporkannya kepimpinan serta juga akan dilaporkan dalam rapat paripurna.
    
"Hasil reses akan dilaporkan kepada kepala daerah untuk bahan masukan dalam pembangunan yang akan diprogramkan  untuk kesejahteraan masyarakat Riau," ungkapnya.
    
Setelah melaksanakan kegiatan reses di dapilnya masing-masing, kata Manahara, para wakil rakyat di DPRD ini akan kembali masuk kerja pada tangal 2 Mei 2016.
   
Adapun jumlah anggaran yang digunakan untuk reses tahun ini sudah ditetapkan sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni Rp100 juta untuk enam titik pertemuan di Dapil masing-masing.
    
"Anggaran reses anggota DPRD Riau tahun ini tetap seperti tahun lalu, yakni sekitar Rp100 juta untuk enam titik pertemuan di dapil masing-masing," tutup legislator ini.(riA)