Relawan RZ Tanam Pohon Bibit di Kecamatan Tenayan Raya


Sabtu, 23 April 2016 - 00:04:29 WIB
Relawan RZ Tanam Pohon Bibit di Kecamatan Tenayan Raya Relawan RZ dan murid MDA Nurhayatullah.
DALAM rangka memperingati Hari Bumi yang jatuh pada Jumat (22/4/2016), Relawan Rumah Zakat (RZ) melakukan kegiatan sosial aksi menanam 50 bibit pohon buah di Kelurahan Kulim, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru.

Aksi ini diikuti 35 orang murid MDA Nurhayatullah Jalan Budi Luhur. Sebanyak 50 bibit pohon tersebut didapat dari Balai Pengelolaan DAS Indragiri-Roka, Kementerian Kehutanan.

Adapun bibit pohon yang ditanam antara lain 20 batang durian, 10 batang rambutan, 10 batang bibit petai dan 10 batang cempedak 10 batang.

Aksi Relawan RZ diawali dengan mengajak murid MDA Nurhayatullah untuk pemanasan dengan melakukan senam selama beberapa menit dan dilanjutkan dengan pembagian kelompok tanam. Satu kelompok terdiri dari lima orang murid.

Murid-murid ini terlihat sangat antusias dalam melakukan aksi. Hal ini terbukti saat mereka mulai diberi kesempatan untuk mulai menanam langsung bersemangat berebut bibit pohon.

Sebelum bertolak ke daerah ini, Relawan RZ juga melakukan aksi rutin menebar nasi bungkus sehubungan dengan peringatan Hari Bumi kepada pemulung di Kecamatan Tampan. Aksi berlanjut dengan membantu pemulung mengutip barang-barang yang masih dapat dijual.

Koordinator Relawan RZ, Fajri Sabti mengatakan, dengan peringatan Hari Bumi, pihaknya memanfaatkan moment untuk berkampanye ke seluruh elemen masyarakat. "Bawa menjaga lingkungan itu sangat diperlukan. Karena ketika pepohonan itu berkurang, maka akan banyak terjadi bencana seperti longsor dan kekeringan," sampainya. (roz)