Kampar Sukses Gelar Porprov IX Tahun 2017


Ahad, 12 November 2017 - 00:00:09 WIB
Kampar Sukses Gelar Porprov IX Tahun 2017
KAMPAR, riauin.com--Perhelatan akbar Pekan Olahraga Provinsi ke IX Tahun 2017 telah usai dan sudah ditutup secara resmi oleh Wakil Gubernur Riau, H Wan Thamrin Hasyim pada Rabu (08/11/2017) sore di Stadion Tuanku Tambusai, Bangkinang. Berbagai rangkaian kegiatan dan pertandingan pun sudah dilaksanakan dan hasilnya Kabupaten Bengkalis kembali menjadi juara umum tahun ini.

Kesuksesan acara tersebut makin terasa ketika acara penutupan dimana antusiasme masyarakat telah tampak sejak sore hari. Meski acara penutupan baru dimulai usai laga final sepakbola, atau sekira pukul 20.15 WIB namun masyarakat telah tampak berjubel memadati tribun terbuka maupun tribun tertutup sejak sore.

Penutupan pesta olahraga terbesar se-Provinsi Riau ini ditandai dengan bunyi sirine yang ditekan bersama-sama oleh Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim yang mewakili Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Bupati Kampar H Azis Zaenal, Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, Ketua DPRD Kampar Ahmad Fikri dan Ketua Umum KONI Provinsi Riau Emrizal Pakis beserta tamu undangan lainnya dari 12 kabupaten dan kota di Provinsi Riau.

Hadir dalam acara penutupan tersebut Forkopimda Provinsi, Ketua BPK Perwakilan Prov. Riau, Dir Sabhara Polda Riau KBP Drs. Zulkifki mewakili Kapolda Riau, Bupati Kampar H. Azis Zaenal SH, MM, Kapolres Kampar AKBP Deni Okvianto SIK, MH dan anggota Forkopimda Kampar lainnya, Sekda Kampar, para asisten dan kepala OPD sejajaran Pemda Kampar. Juga hadir sejumlah Bupati dan Walikota se-Riau, Ketua Koni Riau beserta Ketua Koni Kabupaten Kota se-Riau, Ketua DPRD Kabupaten Kota se-Riau beserta anggota, seluruh atlit dan official serta warga masyarakat Kabupaten Kampar yang berjumlah sekitar 20 ribu orang seperti alim ulama, ninik mamak, tokoh masyarakat dan lainnya.

Antusiasme masyarakat tampak dari keinginan masyarakat untuk menerobos pintu masuk agar bisa berada di dalam stadion menyaksikan rangkaian acara penutupan mulai dari laga final sepakbola, prosesi penutupan hingga hiburan rakyat yang menghadirkan penyanyi ibukota Mahesa KDI dan Selfi KDI.

Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim dalam pengarahannya menyampaikan, pelaksanaan Porprov 2017 di Kabupaten Kampar dinilai sukses dari sisi pelaksanaan dan sukses prestasi

“Kalau balik lagi sejarah Porprov, Kampar pada Porprov VIII tahun 2014 hanya nomor tujuh, tapi sekarang melejit menjadi nomor dua setelah Bengkalis,” ucap Wan.

Dikatakan, pekan olahraga ini dari rakyat untuk rakyat. Dia mengajak seluruh kontingen kabupaten/kota menjadikan kenangan di Kampar sebagaimana disampaikan Bupati Kampar menjadi kenangan terbaik.

Kepada seluruh kontingen Wan Thamrin mengucapkan selamat jalan semoga bisa kembali bertemu dengan keluarga. Kepada kontingen lain yang belum berhasil dia berharap melakukan perbaikan dan hendaknya bisa berprestasi pada Porprov Riau X.

Usai acara penutupan Bupati Kampar menyampaikan permohonan maaf bila ada kekurangan dalam penyelenggaraan Porprov Riau IX di Kabupaten Kampar ini. Dia mengajak seluruh kontingen menjadikan Porprov IX sebagai momentum untuk meraih prestasi dan perkembangan olahraga di Provinsi Riau.

Persiapan Porprov ke IX sudah dilakukan Bupati dan jajarannya jauh hari sebelum pelaksanaan. Mulai dari infrastruktur, komunikasi atlet hingga fasilitas penginapan baik untuk atlet, official, suporter hingga pejabat daerah lainnya. 

"Kami selaku tuan rumah juga mempersiapkan sarana Infrastruktur, Transportasi, Konsumsi Atlet hingga kenyamanan Atlit. Salah satunya pariwisata yang telah kami kembangkan saat ini. Karena kami rasakan Kabupaten kampar memiliki potensi Wisata yang sangat besar," ujar Bupati.

Tak kurang lebih dari 6.000 orang dapat meramaikan kegiatan olahraga terbesar di Provinsi Riau ini. Di sela-sela pertandingan atlit dapat bersantai dengan menikmati pemandangan alam yang menjadi andalan objek wisata.

"Kami sebagai tuan rumah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang baik bagi tamu kami dari seluruh Provinsi Riau ini. Banyak manfaat yang didapat dari pelaksanaan ini, diantaranya peningkatan perekonomian masyarakat melalui penjualan makanan khas, souvenir, tempat-tempat wisata ramai dikunjungi tamu," ucap Bupati.

Selain itu Azis Zaenal dalam dialog Interaktif tersebut juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kampar yang telah mendukung suksesnya pelaksanaan Porprov IX Riau Tahun 2017.

"Diawal niat kita sebagai penyelenggara Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau adalah penyelenggaraan serta pelayanan yang baik, selain itu berhasilnya suatu iven terletak pada suporter yang baik, pemain yang baik, atlit yang menyuguhkan permainan yang indah, serta yang paling penting adalah suksesnya pelaksanaan Porprov. Atlit yang sportif dalam mengikuti sebuah pertandingan serta etika yang baik dari suporter ikut mensukseskan pagelaran ini," tuturnya.

Ketua KONI Provinsi Riau, Emrizal Pakis menyampaikan bahwa Memang saat ini ada fenomena baru tentang atlit yang pernah mengikuti Porprov Provinsi lain. "Atlet kita saat ini sangat diakui oleh nasional, banyak atlet kita yang berkiprah diajang nasional maupun internasional. Sebelumnya kita pernah membawa atlit dari luar ke Provinsi Riau, saat ini atlet kita banyak direkrut oleh Provinsi lain. Dan kita semua seluruh Kabupaten/Kota se-provinsi Riau bertekad untuk menggunakan atlet asli dari Provinsi Riau," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kampar Abdul Gafar dikonfirmasi terpisah melalui telepon selulernya mengatakan pihaknya tengah menyusun untuk penyerahaan bonus kepada atlet yang sudah menorehkan prestasinya di Porprov IX Riau. Karen memang dana untuk itu sudah dialokasikan dalam dana hibah KONI Kampar.

Disinggung mengenai kesuksesan Kampar sebagai tuan rumah Porprov IX, Gafar menyebutkan, secara kepanitiaan mereka belum melakukan evaluasi. Namun, dinilai dari keseluruhan iven akbar tingkat provinsi ini mendapat pujian dari kontingen kabupaten dan kepala daerah lain yang hadir.

"Sesuai apa yang dikatakan dari kabupaten lain, seluruhnya mengatakan sukses, bahkan mereka tidak ada yang kurang, baik dari pelayanan sampai ke akomodasi. Jika pun ada kekurangan bisa diatasi pada saat itu juga," terang Gafar. (adv, vie)