DPD PDIP Riau Segera Verifikasi 20 Berkas Bakal Calon Walikota Pekanbaru


Rabu, 22 Mei 2024 - 10:06:17 WIB
DPD PDIP Riau Segera Verifikasi 20 Berkas Bakal Calon Walikota Pekanbaru

RIAUIN.COM- DPC PDIP Pekanbaru melalui Tim Penjaringan Calon Kepala Daerah menyerahkan dokumen bakal calon walikota/wakil walikota Pekanbaru ke DPD PDIP Riau, Selasa (21/5/2024). Ada 20 dokumen balon yang diserahkan untuk diverifikasi dan divalidasi DPD sebelum diajukan ke DPP PDIP.

Demikian dikatakan Ketua Tim Penjaringan Calon Kepala Daerah DPC PDIP Pekanbaru, Irwansyah SH. "Kami sudah serahkan berkas pendaftaran bakal calon walikota/wakil walikota yang sudah kami verifikasi dan validasi ke DPD PDIP Riau," ujar Bendahara DPC PDIP Riau tersebut.

Dikatakan, penyerahan berkas pendaftaran itu sebelumnya juga sudah diinstruksikan oleh DPD PDIP. Semuanya sudah melewati tahapan Penjaringan di tingkat DPC sebagaimana berpedoman pada Peraturan PDIP Nomor 24 tahun 2017 Tentang Rekrutmen dan seleksi calon kepala daerah pasal 15 ayat 5..

Dijelaskan Irwansyah, sejak penjaringan dibuka 25 April hingga 10 Mei 2024 sebanyak 29 orang yang mengambil formulir di DPC PDIP, 4 orang mengambil di DPD. Sayangnya, Iwan belum mau membocorkan identitas yang mendaftar ke partai besutan Megawati Soekarno Putri ini.

"Belum bisa kita publikasikan siapa-siapa saja yang mendaftar ke DPC untuk calon Walikota maupun Wakil Walikota Pekanbaru. Pasalnya ada yg masih terikat dengan pekerjaannya, masih berstatus ASN dan beberapa alasan lainnya," ungkapnya.

Iwan hanya menyebutkan bahwa pendaftar berasal dari latar belakang yang berbeda baik dari profesi maupun agama. Mulai dari pensiunan ASN, pensiunan TNI, notaris, pengusaha, akademisi, tokoh masyarakat, tokoh agama, politisi, tokoh perempuan.

"Sebagai partai yang nasionalis, kita sangat terbuka. Siapa saja boleh mendaftar. Tapi pada intinya, semua pendaftar adalah orang-orang yang cukup qualified, yang mempunyai visi membawa Pekanbaru ke arah yang lebih baik," tutur Irwansyah.

Irwan  belum bisa memastikan siapa balon pasangan yang akan diusung PDIP untuk menjadi kepala daerah di Pekanbaru. "DPP PDIP yang akan memutuskan siapa yang akan kita usung," tegas Irwansyah. -vie