Asisten III Setdaprov Riau Ungkap Pentingnya Psikis Sehat untuk Pekerja


Selasa, 14 Mei 2024 - 19:28:38 WIB
Asisten III Setdaprov Riau Ungkap Pentingnya Psikis Sehat untuk Pekerja Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Elly Wardhani

RIAUIN.COM - Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Elly Wardhani mengatakan, psikis yang sehat akan menghasilkan kedisiplinan dalam bekerja. Saat psikis sehat, manusia akan bersikap lebih ramah saat bekerja.

Hal itu ia sampaikan saat menjelaskan tentang kenapa pekerja pelayanan publik sering kali terlihat tidak ramah di rapat koordinasi (Rakor) peningkatan dimensi pengalaman Indeks Perilaku Anti Korupsi (IPAK) di wilayah Provinsi Riau. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Gubernur Riau, Selasa (14/5/2024).

Elly mengungkapkan kekhawatirannya tentang psikis para pekerja yang terpengaruh oleh ketidakadilan yang terjadi. Ia berkata, terkadang sudah ada pegawai yang bekerja dan berdedikasi dengan baik, namun tidak diapresiasi.

"Kadang sudah ada yang berdedikasi, sudah baik. Tapi saat pelantikan pejabat? bukan mereka yang dilantik. Secara psikis ini berpengaruh. Mereka jadi berpikir ngapain bekerja dengan baik?" ujarnya.

Elly juga menambahkan sedikit tentang peningkatan dimensi pengalaman IPAK yang dibahas pada Rakor tersebut. Dimensi tersebut adalah pencegahan dan penanganan.

"Kita tahu ini pencegahan dan penanganan, tapi saya mau pencegahannya lah yang terdepan," ujarnya.

Ia jelaskan, semakin banyaknya penindakan yang terjadi maka tindakan pencegahan kurang berhasil. Ia berharap banyak pada dimensi divisi pencegahan agar berhasil.

"Kita berharap banyak, jangan sampai justru penindakan penanganan terdepan," harapnya. (*)