Distankan Pekanbaru Perkirakan Kebutuhan Hewan Kurban Idul Adha 2024 Sama dengan Tahun Lalu


Senin, 13 Mei 2024 - 20:14:50 WIB
Distankan Pekanbaru Perkirakan Kebutuhan Hewan Kurban Idul Adha 2024 Sama dengan Tahun Lalu Ilustrasi

RIAUIN.COM - Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru, memperkirakan kebutuhan hewan kurban pada Idul Adha 1445 H/2024 M tidak mengalami peningkatan. Kebutuhan hewan kurban diprediksi masih sama dengan tahun lalu. 

Distankan Kota Pekanbaru mulai melakukan pemantauan dan pengawasan hewan kurban yang masuk ke Kota Pekanbaru. Mereka memastikan agar hewan kurban yang masuk sehat dan layak konsumsi. 

"Untuk kebutuhan tahun ini, kita perkirakan masih sama dengan tahun lalu," ujar Kepala Distankan Kota Pekanbaru Muhammad Firdaus, Senin (13/5/2024). 

Ia menuturkan, bahwa tim dari Distankan mulai melakukan pendataan. Mereka memeriksa hewan kurban yang masuk ke Pekanbaru. Mereka memeriksa hewan kurban yang ada di peternak dan tempat penampungan hewan kurban.

Nantinya tim dari Distankan Pekanbaru bakal melakukan pemeriksaan administrasi hingga kesehatan hewan kurban yang datang dari daerah lain. Mereka memastikan hewan kurban yang masuk ke Kota Pekanbaru layak untuk konsumsi dan tidak berpenyakit. 

"Kami sudah melakukan persiapan untuk melakukan pengecekan hewan kurban," terangnya. 

Jumlah kebutuhan hewan kurban di Pekanbaru pada tahun ini diperkirakan sama dengan tahun lalu, atau sekitar 10.000 ekor berupa sapi dan kambing. Hewan kurban ini masuk dari berbagai daerah seperti, Palembang, Lampung, Bengkulu, Sumatra Utara, dan beberapa kabupaten di Riau. (*)