Kembangkan SDM PKS, Pelatihan Manajemen Administrasi dan Keuangan Diberikan ke Petani Sawit


Senin, 22 April 2024 - 20:05:55 WIB
Kembangkan SDM PKS, Pelatihan Manajemen Administrasi dan Keuangan Diberikan ke Petani Sawit Pelatihan Manajemen Administrasi dan Keuangan. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia (sdm) perkebunan kelapa sawit (PKS).

RIAUIN.COM - Puluhan petani sawit di Provinsi Riau diberikan pelatihan Manajemen Administrasi dan Keuangan. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia (sdm) perkebunan kelapa sawit (PKS). 

Pelatihan tersebut dilaksanakan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian, Dinas Perkebunan Provinsi Riau dan IPB Training. 

Acara ini digelar di Pekanbaru, Riau, pada  22-25 April 2024, dilaksanakan secara paralel. Pesertanya berasal dari 3 Kabupaten yakni angkatan I dari Kabupaten Kampar sebanyak 34 peserta. Lalu, Angkatan II dari Kabupaten Rokan Hulu, 31 peserta, dan dari Kabupaten Siak 30 peserta. 

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Syahrial Abdi, AP, MSi mengatakan, kegiatan peningkatan kapasitas SDM di sektor perkebunan kelapa sawit ini, untuk memperbaiki tata kelola manajemen administrasi dan keuangan bagi petani sawit. 

"Pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan manajemen administrasi dan keuangan bagi pengurus koperasi dan petani sawit di Riau. Program ini, dilaksanakan oleh BPDPKS, Ditjen Perkebunan dan IPB Training," kata Syahrial Abdi, saat membuka acara pelatihan itu, Senin (22/4). 

Dijelaskan dia, hasil dari pelatihan ini untuk menciptakan SDM perkebunan kelapa sawit yang unggul. Selain itu, juga agar mampu meningkatkan penghasilan bagi petani kelapa sawit. 

Ketua Tim narasumber IPB University Dr Ir Dwi Rachmina, MSi mengatakan, adapum modul pelatihan yang diberikan yakni, pembukuan, administrasi keuangan, pengelolaan kredit (pengajuan, pengembalian), penyusunan proposal usaha. Kemudian, ada pula pelatihan administrasi produksi, mekanisme penetapan harga TBS (MPT KM) dan pengelolaan simpan pinjam. 

"Pengembangan SDM ini adalah tentang manajemen dan administrasi keuangan tentu saja banyak hal yang diperlukan dalam pengembangan sdm ini. Sehingga bisa bermanfaat bagi petani kelapa sawit," ucapnya. 

Sementara, Ketua Sekretariat Tim Pengembangan Sumber Daya Manusia, Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian, Eva Lizarmi, SP mengatakan, antusiasme para peserta di Riau sangat tinggi untuk mengikuti pelatihan ini.

"Sangat besar sekali antusias dari Dinas Perkebunan Provinsi Riau maupun Disbun Kabupaten di Riau beserta dengan teman-teman petani kelapa sawit. Semoga untuk kegiatan pelatihan ini bisa bermanfaat," ujarnya.
Ia berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan baik, sehingga terciptanya SDM perkebunan kelapa sawit. Selain itu, hasil dari pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan hasil pertanian kelapa sawit di Riau. 

"Alhamdulillah pada hari ini bapak ibu memilih kegiatan pelatihan manajemen administrasi dan keuangan. Semoga pelatihan manajemen administrasi dan keuangan bisa berkontribusi meningkatkan produktivitas dari sawit rakyat," ucapnya. (*)