PDIP Buka Pendaftaran Balon Kepala Daerah Pekan Depan, Irwansyah : Walikota Harus Tahu Seluk Beluk Pekanbaru


Jumat, 19 April 2024 - 15:47:23 WIB
PDIP Buka Pendaftaran Balon Kepala Daerah Pekan Depan, Irwansyah : Walikota Harus Tahu Seluk Beluk Pekanbaru Robin Hutagalung bersama jajaran pengurus DPC PDIP Kota Pekanbaru, belum lama ini. | Foto : istimewa

RIAUIN.COM- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Pekanbaru memberikan syarat bagi bakal calon kepala daerah yang akan memimpin Kota Pekanbaru. Salah satu syarat yang mutlak bagi bakal calon walikota Pekanbaru yang akan bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November 2024, yakni sudah tahu dan benar-benar mengenal karakter seluk beluk Kota Pekanbaru.

Hal itu dikatakan Ketua Tim Penjaringan DPC PDIP Pekanbaru, Irwansyah SH, Kamis (18/04/2024). Dikatakannya, bagi partai berlambang kepala banteng bermoncong putih itu kandidat kepala daerah harus memahami keinginan masyarakat, dan punya komitemen untuk memajukan Kota Pekanbaru.

"Pendaftaran penjaringan bakal calon kepala daerah dari PDIP itu direncanakan mulai dibuka secara serentak se Provinsi Riau pada pekan depan.  Adapun tahapan mekanisme pendaftaran Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru Tahun 2024 dilakukan dalam beberapa tahap," kata Irwansyah yang akrab disapa Iwan itu.

Tahapan itu yakni melakukan penjaringan, penyaringan dan setelah penyaringan barulah dilakukan penetapan Calon Kepala Daerah yang di daftarkan ke KPU. Namun sejauh ini pihaknya masih menunggu Juknis terkait persyarakat pendaftaran dari DPP PDIP, dan akan segera diinformasikan secara resmi.

"Arahan dari DPP, setiap DPC harus melakukan rapat di tiap kabupaten/kota, dan DPD PDIP Riau juga menginstruksikan untuk menunggu aba-aba agar pendaftaran penjaringan bakal calon kepala daerah dilaksanakan serentak di seluruh Proivinsi Riau. Penjaringan ini akan dilakukan selama satu bulan. Informasi ini akan disampaikan langsung ke publik. Pendaftaran ini tidak dipungut biaya 1 rupiah pun," ujar Iwan.

Berdasarkan hasil Pemilu Februari 2024 lalu, raihan kursi PDIP untuk DPRD Kota Pekanbaru sebanyak 7 kursi, bertambah satu kursi dari hasil Pemilu periode 2019-2024. Dengan begitu, partai yang dipimpin Ketua DPC PDIP Kota Pekanbaru Robin Hutagalung dipastikan akan menduduki kursi wakil ketua DPRD Kota Pekanbaru periode 2024-2029.

"Dilihat dari peraihan suara partai di Pemilu 14 Februari 2024 kemarin, suara PDIP se-Kota Pekanbaru naik menjadi 60 ribu dibanding dari Pemilu 5 tahun sebelumnya dengan perolehan suara hanya 40 ribuan," ujar Iwan.

Dengan angka perolehan suara Pemilu kemarin menjadi tolak ukur bagi DPC PDIP optimis  memenangkan calon kepala daerah di Pilkada mendatang.

"Bersama PDIP mudah-mudahan calon yang dijaring ini benar-benar mampu mewujudkan Pekanbaru yang lebih baik dari sebelumnya," tuturnya. -vie