Suhardiman Amby Salurkan ZIS ke Baznas Kuansing


Jumat, 05 April 2024 - 14:17:30 WIB
Suhardiman Amby Salurkan ZIS ke Baznas Kuansing Bupati Kuansing, Dr H Suhardiman Amby saat menyerahkan Zakat, Infak dan Sedekah kepada Baznas Kabupaten Kuansing di Masjid Agung Ar-Raudhah Teluk Kuantan, Jumat (5/4/2024) pagi tadi. | Foto : hms

RIAUIN.COM- Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Dr H Suhardiman Amby menyerahkan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kuansing sebagai bentuk keteladanan pemimpin daerah dalam membayar zakat.  Penyerahan zakat dilakukan di Masjid Agung Ar-Raudhah Teluk Kuantan, Jumat (5/4/2024) pagi tadi.

Selain Bupati, membayar zakat yang terhimpun dari Pj Sekretaris Daerah, dr Fahdiansyah SpOG, kepala OPD, Forkopimda, BUMD serta masyarakat Kuansing.  

Usai tunaikan zakat, Bupati mengatakan penyaluran zakat melalui Baznas sangat menunjang program pemerintah daerah dalam menyejahterakan masyarakat.

Menurutnya ini penting dan wajib bagi setiap muslim dalam menyucikan diri dari kotoran dosa, memurnikan jiwa serta menumbuhkan rasa kemanusiaan dengan berbagi kepada sesama

“Selama ini Baznas telah berkontribusi membantu Pemerintah menyelesaikan berbagai permasalahan sosial, semoga dana yang dikumpulkan betul-betul dirasakan manfaatnyaa oleh masyarakat kita yang berhak menerimanya,” ungkapnya.

Ketua Baznas Kuansing Syafriadi Shi menyampaikan, pembayaran zakat yang dilakukan Bupati Kuansing diharapkan dapat menjadi motor penggerak dan motivasi bagi masyarakat untuk menyalurkan zakatnya melalui Baznas.

“Ketika suatu Daerah pemimpinnya taat kepada Allah SWT maka masyarakatnya juga akan ikut. Dengan begitu Baldatun Toyyibatun Warrobun Ghofur akan tercipta di Kuansing,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, saat ini Baznas juga sudah melakukan dukungan kebijakan Payroll System dalam menunaikan zakat.

“Zakat via payroll system adalah sebuah bentuk pelayanan zakat infak dan sedekah melalui pemotongan langsung dari gaji seorang ASN atau karyawan di sebuah lembaga, jadi perlu kami jelaskan, bahwa jangan ada lagi Suuzon dari para ASN terkait pemotongan gaji secara Payroll System, karena dana tersebut sudah pasti disalurkan kepada para mustahik,” urainya

Dikatakannya, Baznas mengucapakan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati H Suhardiman, tidak sulit lagi menghimpun zakat karena kebijakan Bupati dalam menunaikan zakat sudah melalui Payroll System meskipun masih belum sempurna, kedepannya kita akan tingkatkan kembali systemnya.

"Zakat yang dikumpulkan oleh Baznas selanjutnya akan didistribusikan kepada 8 golongan penerima zakat sesuai yang ditetapkan oleh al Quran. Insya Allah kami akan salurkan kepada yang berhak atau mustahik yang ada di Kuansing,” pungkasnya.

Dalam penyaluran zakat ini, Bupati didampingi sejumlah kepala OPD, Forkopimda, sejumlah perwakilan perusahaan, dan seluruh pengurus dan anggota Baznas Kuansing. -adv