Ketua Bawaslu Riau Sebut Peran Pers Dukung Pengawasan Pemilu 2024


Jumat, 05 April 2024 - 13:38:01 WIB
Ketua Bawaslu Riau Sebut Peran Pers Dukung Pengawasan Pemilu 2024 Ketua Bawaslu Riau, Nofrizal bersama jajarannya saat expose hasil Pemilu 2024, Kamis (4/4/2024) petang. | Foto : hms

RIAUIN.COM- Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Provinsi Riau, Alnofrizal mengapresiasi pelaksanaan Pemilu  2024 yang berjalan kondusif, aman dan sesuai harapan. Hal tersebut tak lepas dari peran Pers dalam mendukung pelaksanaan pengawasan pada pesta demokrasi 14 Februari lalu.

Pernyataan itu dikatakan Alnofrizal saat Expose Hasil Pengawasan Pemilihan Umum Tahun 2024 di Provinsi Riau Kamis, (4/4/2024) di Ballroom salah satu Hotel di Pekanbaru. Expose ini sekaligus dirangkai dengan acara berbuka puasa bersama insan pers tersebut sebagai bentuk apresiasi Bawaslu terhadap hasil kerja sama yang baik antara pihaknya dengan media selama tahapan pemungutan dan penghitungan serta rekapitulasi hasil pemilihan umum tahun 2024 di Provinsi Riau.

"Sejauh ini Pemilu berjalan kondusif walau ada dinamika sehingga kita bisa tenang melakukan aktivitas paska Pemilu. Kami berharap sinergitas antara media dan Bawaslu Riau serta dukungan media untuk Bawaslu Riau, bisa berlanjut pada kegiatan Pemilukada mendatang," harapnya.

Terkait pelaksanaan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada November 2024 mendatang, Alnofrizal mengatakan Bawaslu Riau akan melakukan pengawasan di setiap tahapan pelaksanaan Pilkada serentak di Riau.

"Kita akan melakukan pengawasan pada Pilkada serentak di Riau dimulai sejak tahapan Pilkada dimulai. Seperti sekarang ini kami masih mengevaluasi rekrutmen ad hoc Panwascam, hingga pendaftaran calon hingga hari pencoblosan," paparnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Dona Donora mengatakan, peran media sangat penting dalam mendistribusikan seluruh informasi pelaksanaan Pemilu kepada masyarakat. Tentunya informasi kepemiluan yang berintegritas dan edukatif.

"Kegiatan ini juga untuk persiapan pelaksanaan Bawaslu Riau untuk pelaksanaan Pemilukada mendatang," pungkasnya

Hadir pada kegiatan yang diikuti puluhan jurnalis dari media massa ini, Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal dan Komisioner Bawaslu Riau, Amiruddin Sijaya, Kepala Sekretariat Bawaslu Riau, Anderson. -vie