Tindaklanjuti Aduan Guru PPPK, Karmila Pastikan Data Ulang Dapodik Tuntas Kamis Ini


Selasa, 02 April 2024 - 21:06:16 WIB
Tindaklanjuti Aduan Guru PPPK, Karmila Pastikan Data Ulang Dapodik Tuntas Kamis Ini Wakil Ketua Komisi V DPRD Riau, Dr Karmila Sari saat memimpin RDP dengan Disnaker dan instansi terkait membahas persoalan Dapodik guru PPPK di Riau, Senin (1/4/2024). | Foto : hms

RIAUIN.COM- Wakil Ketua Komisi V DPRD Provinsi Riau, Dr Karmila Sari  memastikan data ulang guru yang tidak sesuai dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dalam penempatannya tuntas dibahas Dinas Pendidikan Provinsi Riau pada Kamis (4/4/2024) ini. Pernyataan itu dikatakan Karmila saat memimpin Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Disdik Riau, BKD dan Kanwil BKN XII Riau Kepri di ruang Komisi V DPRD Riau, Senin (1/4/2024).

Dalam RDP tersebut dibahas terkait relokasi Pengawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru di lingkungan Pemprov Riau. RDP ini digelar sebagai tindak lanjut banyaknya aduan yang masuk ke Komisi V DPRD Riau terkait guru PPPK yang ditempatkan tidak sesuai dengan Dapodik mereka.

"Insyaa Allah pihak instansi Dinas terkait akan menempatkan ulang Dapodik pada hari Kamis mendatang. Ini merupakan upaya kita agar pendidikan di Riau berjalan dengan baik," kata Karmila.

Persoalan penempatan guru PPPK pasca pengumuman kelulusan tahun lalu juga sempat mendapat keluhan. Komisi V DPRD Riau menyikapi hal tersebut dengan mendatangi Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (kemendikbudristek) RI.

Beberapa persoalan yang dibahas dalam pertemuan itu diantaranya mengenai rekrutmen guru PPPK, persoalan verifikasi dan validasi hingga penempatan guru PPPK SK Gubernur Riau beberapa waktu lalu.

Pada RDP tersebut juga dibahas mengenai pendataan guru honor di Provinsi Riau yang harus divalidasi agar semuanya terdata dengan jelas.

"Untuk guru honor tetap juga saya minta agar segera dieksekusi secepatnya, agar tidak ada lagi kurangnya tenaga pengajar pendidik di sekolah," ujarnya.

Terkait mengenai Penerimaan Peserta Dididk Baru tahun 2024, Karmila berjanji akan segera persiapkan MoU untuk semua stakeholder.

"Ini kita lakukan agar semua kelancaran PPDB pada tahun ini berjalan dengan lancar, dan tidak ada terjadi kecurangan di dalam PPDB 2024 sekarang ini," jelas caleg terpilih DPRD RI Dapil Riau 1 itu.

Sementara itu Sekretaris Disdik Riau, Edi Rusma Dinata memaparkan jumlah penambahan guru PPPK beserta targetnya di tahun 2024.

"Penambahan guru PPPK ASN sebanyak 719 tenaga kerja dalam bulan ini. Target untuk tahun 2024 pengangkatan guru honor sebanyak 6.400 orang," ujarnya.

Hadir dalam RDP tersebut, anggota Komisi V DPRD Riau, Sehat Badi Saragih, Kadisdik Riau, Tengku Fauzan, Sekretaris Dsdikd Riau, Kepala BKD Riau, Mamun Murid dan jajaran BKN Provinsi Riau. -vie