Sukses di Tahun 2023, PHR Kembali Gelar Lomba Karya Jurnalistik PENA untuk Wartawan Riau


Jumat, 29 Maret 2024 - 20:21:17 WIB
Sukses di Tahun 2023, PHR Kembali Gelar Lomba Karya Jurnalistik PENA untuk Wartawan Riau _Sosialisasi PENA 2024 berlangsung secara daring dan diikuti ratusan wartawan yang ada di Riau, Kamis (28/3/2024)_ | Foto : hms PHR

 RIAUIN.COM- Sukses melaksanakan lomba karya jurnalistik Pertamina Hulu Rokan News Award (PENA) tahun 2023, PT Pertamina Hulu Rokan tahun 2024 kembali mengelar ajang apresiasi untuk insan pers yang telah berkontribusi dalam menyiarkan pemberitaan upaya ketahanan energi, pemberdayaan sosial dan lingkungan di Wilayah Kerja (WK) Rokan.  

Corporate Secretary PHR WK Rokan Rudi Ariffianto mengatakan, ajang PENA diharapkan bisa menjadi pemacu semangat dan profesionalisme jurnalis di Riau dalam menyajikan informasi yang komprehensif, berdasarkan pada akurasi fakta dan data, proporsional,  berimbang dan berwawasan maju.

“Terutama karya yang edukatif dan mendorong solusi yang membangun untuk kemajuan energi ekonomi nasional dan Provinsi Riau pada khususnya,” kata Rudi saat sosialisasi PENA, Kamis (28/3/2024).

Ajang PENA terbuka untuk seluruh insan pers di Provinsi Riau baik media cetak, online, foto, radio dan televisi. Peserta dapat mengirimkan karya jurnalistik yang sudah tayang di media dalam periode 1 September 2023 hingga 31 Agustus 2024.

Adapun kategori lomba meliputi media cetak, media online, video jurnalistik, foto essay dan media radio.

“Masih ada waktu yang cukup panjang bagi rekan-rekan jurnalis menyiapkan karya-karya terbaiknya. Silakan daftar karya sebanyak mungkin. Mari buktikan bahwa teman-teman bisa menjadi juara," kata Rudi.

Ajang PENA 2024 mengusung tema 'Energizing the Nation' dengan berfokus pada 5 topik utama pemberitaan hulu migas PHR yakni, produksi dan operasi, teknologi, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Seluruh karya yang masuk akan diseleksi dan dinilai oleh lima dewan juri yang ahli di bidangnya masing-masing.

Rencananya, pemenang PENA akan diumumkan pada 27 September 2024. Setelah mengikuti PENA, insan pers juga bisa berpartisipasi pada kegiatan Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2024 yang diadakakan oleh Pertamina (Persero) secara nasional.

“Dihatapkan ajang PENA sekaligus menjadi pemanas bagi rekan-rekan media untuk menyiapkan karya terbaiknya untuk disertakan pada AJP 2024,” tukas Rudi.

Sebagai informasi, ajang PENA 2023 lalu sukses digelar dengan jumlah karya masuk sebanyak 129 karya jurnalistik. Terbukti bahwa jurnalis asal Riau memiliki potensi dan mampu menghasilkan karya yang berkualitas.

Sebanyak 20 orang wartawan mendapat apresiasi masing-masing kategori. Para peserta PENA juga ikut ajang AJP 2023 dan sebanyak 22 dari 24 orang wartawan Riau menjadi pemenang AJP tingkat teritorial 2.

Tiga orang wartawan Riau dan juga pemenang PENA 2023 mendapatkan penghargaan di AJP 2023 yaitu Henny Elyati dari Riaupos Juara 3 Kategori media Cetak, Melba Ferry Fadli dari Bertuahpos Juara 3 Kategori media Online, dan Wahyudi dari Riauaktual Juara 3 Kategori Foto Essay. ***