Puluhan Hotspot Karhutla Terdeteksi di Riau, Meranti Terbanyak


Sabtu, 23 Maret 2024 - 11:36:28 WIB
Puluhan Hotspot Karhutla Terdeteksi di Riau, Meranti Terbanyak Ilustrasi/foto:tsi

RIWUIN.COM - Total 99 titik panas (hotspot) kebakaran hutan dan lahan di Riau terdeteksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru. Seluruh hotspot tersebut tersebar di 6 kabupaten/kota. Titik panas terbanyak berada di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Kabupaten Kepulauan Meranti ada 49 titik, Kota Dumai 29 titik, Kabupaten Kuantan Singingi satu titik, Kabupaten Indragiri Hulu satu titik, Kabupaten Pelalawan 7 titik dan Kabupaten Siak 1 titik," kata Forecasters on Duty BMKG Pekanbaru, Mia V, Sabtu, 23/3/2024).

Selain di Riau, terdapat 74 titik panas (hotspot) di Sumatera. Seluruh hotspot tersebut tersebar di 8 provinsi. Seluruh titik panas itu tersebar di Provinsi Bengkulu 2 titik, Jambi 11 titik, Lampung 3 titik, Sumatera Barat 12 titik, Sumatera Selatan 8 titik, Sumatera Utara 2 titik, Kepulauan Riau 30 titik dan Bangka Belitung 6 titik.

Kemudian, BMKG juga memprakirakan kondisi cuaca untuk wilayah Kota Pekanbaru dan sekitarnya dari pagi hingga malam kabur dan berawan.

"Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kuantan Singingi, Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, dan Indragiri Hulu," tuturnya.

Sementara, suhu udara 23.0 – 32.0 derajat celcius, kelembapan udara 50 – 99 %, angin barat laut – timur laut  dengan kecepatan berkisar 10 – 30 km/jam. "Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter atau tergolong rendah," lanjutnya.-dnr