Turun Jabatan, Sekda Dedi Sambudi Dilantik Jadi Kadis Perpustakaan Kuansing


Rabu, 20 Maret 2024 - 18:20:21 WIB
Turun Jabatan, Sekda Dedi Sambudi Dilantik Jadi Kadis Perpustakaan Kuansing Prosesi pelantikan pejabat Kuansing

RIAUIN.COM- Dedi Sambudi terdepak dari jabatan selaku Sekda Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Hari ini, Rabu (20/3/2024) ia dilantik menjadi Kepala Dinas Perpustakaan Kuansing. Pelantikan itu dilakukan oleh Bupati Suhardiman Amby diruangan multimedia Kantor Bupati.

Bersamaan dengan Dedi Sambudi, Bupati juga melantik sekitar 27 pejabat lainnya. Sementara untuk mengisi kekosongan jabatan Sekda, Bupati mempercayakan kepada Asisten I Dr Fahdiansyah alias Ukup sebagai pelaksana harian Sekda.

Ukup akan menjabat sebagai PLH Sekda menjelang penunjukan PLT Sekda oleh Bupati Suhardiman Amby beberapa hari kedepan.

Desas desus pergantian Sekda Dedi ini sebenarnya sudah jauh hari mulai terdengar. Bahkan, Bupati Suhardiman Amby pada akhir tahun 2023 lalu memberi sinyal bakal mengevaluasi jabatan Sekda tersebut pada awal tahun 2024.

Namun karena padatnya agenda pemerintah terutama terkait pelaksanaan pemilu, sehingga evaluasi tersebut diurungkan. Dan akhirnya pada hari ini janji Bupati tersebut ditepatinya.

Dalam arahannya tadi siang, Bupati menyebutkan bahwasanya, mutasi dan pergeseran adalah kebutuhan organisasi, terutama untuk mengisi jabatan yang kosong agar roda Pemerintahan berjalan efektif dan efisien.

"Juga menghindari pejabat yang bersangkutan terlalu lama menduduki jabatan yang sama”, katanya.

Namun yang lebih penting dari itu kata dia, mutasi dibutuhkan karena adanya tantangan birokrasi yang harus direspon cepat oleh para birokrat, yaitu kesiapan dan kemampuan merespon perkembangan revolusi industri.

“Seorang birokrat harus mampu memanfaatkan dan menggunakan kemajuan teknologi”, tegasnya.

Berdasarkan data yang diterima riauin.com, ada beberapa pejabat yang bergeser jabatan. Diantaranya,  Masrul Hakim yang dulunya menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian diangkat menjadi Kadis Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah.

Selanjutnya, Doni Aprialdi jabatan lama selaku Kepala Dinas Pendidikan digeser menjadi Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan. Delis Martoni dari jabatan lama selaku Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah digeser menjadi Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah.

Sedangkan Marwan dari jabatan lama Staf Ahli Bidang Ekonomi digeser digeser menjadi Kepala Dinas Perikanan. Selanjutnya, Aswandi yang dulunya Kadis Kesehatan digeser menjadi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana.

Sementara Rustam yang dulunya menjabat Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana digeser menjadi Asisten Administrasi Umum Sekda. Sedangkan Drs Muradi dulunya menjabat Asisten Umum Sekda digeser menjadi Kepala Bapenda Kuansing.

Jafrinaldi dulunya menjabat Kepala Bapenda Kuansing dimutasi ke jabatan baru selaku Kepala Bappeda Kuansing. Sementara jabatan Kepala Bappeda yang lama Syamsir Alam dimutasi sebagai Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik.

Selanjutnya, Yulizar dulunya menjabat sebagai Kabag Perencanaan dan Keuangan diangkat menjadi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana. Sedangkan Andrizul yang dulunya menjabat sebagai Kepala BPBD digeser menjadi Kebag Perencanaan dan Keuangan Sekda.

Kepala Satpol PP yang lama Shanti Evi Dimenti diturunkan ke jabatan baru selaku Kabag Administrasi Pembangunan Sekda. - hen