Jelang Ramadan, Pepsodent Berikan Edukasi Perawatan Gigi dan Mulut


Ahad, 10 Maret 2024 - 17:19:10 WIB
Jelang Ramadan, Pepsodent Berikan Edukasi Perawatan Gigi dan Mulut Dokter gigi dari Unilever memberikan perhatian kepada salah satu anak/foto:tsi

RIAUIN.COM - Unilever Indonesia melalui brand Pepsodent bekerja sama dengan Kementerian Agama, menggelar Program Senyum Sehat Indonesia Menyambut Ramadan 1445 Hijriah di Pondok Pesantren Modern Al-Kautsar Pekanbaru.

Kegiatan tersebut  melibatkan lebih dari 700 santri dengan mengedukasi para santri agar menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka menyambut bulan suci Ramadan.

Pentingnya menjaga kesehatan khususnya gigi dan mulut juga ditekankan oleh Kepala Bidang Pelayanan Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Edi Irawan.

“Tingkat prevalensi masalah kesehatan gigi dan mulut di Pekanbaru masih cukup tinggi, maka penting untuk masyarakat mendapatkan edukasi kesehatan gigi dan mulut sedari dini," ujar Edi Irawan, Minggu, 10 Maret 2024.

Lebih lanjut Edi menjelaskan, ketika gigi dan mulut sehat, maka tidak akan terkena permasalahan gigi seperti karies atau gigi berlubang.

"Kami juga selalu menyarankan masyarakat untuk melakukan perawatan gigi minimal 6 bulan sekali dan juga menyikat gigi di waktu yang benar," jelasnya.

Terpisah, Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Pekanbaru, drg Harvandy Anwir mengemukakan bahwa edukasi kesehatan maupun perawatan gigi dan mulut selaras dengan apa yang selama ini dijalankan di Pekanbaru.

“Sesuai dengan program dari pemerintah, kami PDGI bekerja sama dengan seluruh Puskesmas yang ada di Pekanbaru selalu rutin turun ke lapangan, terutama sekolah-sekolah."

"Kami menjalankan ini sudah lebih dari satu dekade dan setidaknya dua kali dalam setahun, di sini kami menemukan masih sering terjadi permasalahan gigi seperti karies, gigi berlubang, hingga penyakit gusi," jelasnya.

Melihat kondisi ini, drg Harvandy menyebutkan pemahaman terhadap kesehatan gigi dan mulut terhadap masyarakat masih perlu ditingkatkan.

“Selain itu, kami bekerja sama dengan dokter gigi spesialis anak menjalankan program pencegahan stunting untuk seluruh Puskesmas di Pekanbaru."

"Kita berusaha untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka supaya setidaknya bisa mengurangi faktor masalah stunting dari sisi asupan gizi. Dengan gigi dan mulut yang sehat, mereka bisa makan dengan nyaman,” pungkasnya.

Selanjutnya, Senior Brand Manager Pepsodent, Jinitya Basarah menjelaskan data Riskesdas tahun 2018, 7 dari 10 orang Indonesia mengalami gigi berlubang. 

Sedangkan untuk Kota Pekanbaru, masalah kesehatan gigi (rusak, berlubang, ataupun sakit) mencapai 41,22% dan hanya 1,46% yang mempunyai kebiasaan menyikat gigi pada waktu yang benar, yakni setelah sarapan dan sebelum tidur. 

"Hal ini menunjukkan masih kurangnya kesadaran mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Padahal gigi dan mulut memiliki beragam fungsi yang digunakan sehari-hari seperti mengunyah, berbicara, dan tersenyum,” jelas Jinitya.

Hingga saat ini, Pepsodent  telah menjangkau lebih dari 30 juta anak Indonesia. 

Program ini didasarkan kepedulian akan kondisi kesehatan dan perilaku merawat kesehatan gigi yang masih rendah.

Dengan dilaksanakannya program Senyum Sehat Indonesia di kota Pekanbaru, Jinitya berharap semakin banyak masyarakat baik anak-anak maupun dewasa yang bisa merasakan manfaat dari gigi yang kuat dan mulut yang sehat. 

"Program ini sudah berjalan di Kota Lampung, Padang, Banda Aceh, Medan, Jakarta, dan masih akan berjalan sepanjang tahun 2024."

"Bersamaan dengan momen World Oral Health Day (WOHD) dan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) agar jangkauan manfaatnya lebih luas lagi,” tutup Jinitya.(")