Polda Riau Musnahkan 32 Kg Sabu hingga Puluhan Ribu Botol Miras Jelang Ramadan


Selasa, 05 Maret 2024 - 14:31:07 WIB
Polda Riau Musnahkan 32 Kg Sabu hingga Puluhan Ribu Botol Miras Jelang Ramadan Pemusnahan barang bukti/foto:dnr

RIAUIN.COM - Menyambut bulan suci Ramadan 1445 Hijriah, Polda Riau memusnahkan barang bukti hasil cipta kondisi kegiatan rutin yang ditingkatkan, Selasa (5/3/2024). Operasi ini digelar sejak tanggal 20 Februari kemarin.

Barang bukti tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar, dicelupkan ke dalam air panas, dipotong menggunakan mesin gerinda dan dilindas menggunakan alat berat.

Kapolda Riau, Irjen M Iqbal menjelaskan, barang bukti yang dimusnahkan yakni 14.958 botol minuman keras dari berbagai merek, 12.000 bungkus rokok ilegal, 6.518 butir pil happy five, 746,48 gram ganja kering, 29.814 butir ekstasi, 32,9 kilogram sabu, 342 unit komputer dan ribuan knalpot brong (brong). Selain barang bukti, secara keseluruhan polisi juga mengamankan 29 orang tersangka.

"Seluruh barang bukti ini didapatkan dari operasi cipta kondisi yang dilaksanakan selama 20 hari. Tujuannya untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi warga yang beribadah di bulan suci Ramadan," kata Irjen M Iqbal, Selasa (5/3/2024).

Dijelaskan, operasi ini akan berakhir pada 7 Maret mendatang dan akan dilanjutkan dengan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024 dan Operasi Tertib Ramadan.

"Lima hari setelah pemungutan suara saya perintahkan Kepala Biro Operasi untuk melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD). Operasi tertib ramadan juga merupakan kegiatan-kegiatan dalam rangka menjamin keamanan. Kita hadir di mesjid-mesjid salat subuh berjamaah, safari dan lakukan pengamanan saat masyarakat tarawih dan berbuka puasa," jelasnya.

Untuk itu, seluruh tempat hiburan malam yang ada di Kota Pekanbaru diwajibkan tutup. "Saya sudah perintahkan Kapolresta Pekanbaru, tempat-tempat hiburan tutup untuk menghargai bulan suci Ramadan dan agar betul-betul situasi kondusif," tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Riau, Yulisman mengapresiasi langkah Polda Riau ini. Hal ini sangat penting dilakukan jelang bulan Ramadan.

"Yang paling penting kegiatan ini harus selalu jadi atensi buat kita dan masyarakat sehingga Polda Riau dapat melaksanakan tugas menjadi lebih baik lagi ke depan," tambahnya.-dnr