Tingkatkan Potensi Warga Binaan Babinsa Koramil 0321-05/RM Dampingi UMKM Peternak Puyuh di Desa Jumrah


Senin, 04 Maret 2024 - 17:46:03 WIB
Tingkatkan Potensi Warga Binaan  Babinsa Koramil 0321-05/RM Dampingi UMKM Peternak Puyuh di Desa Jumrah

RIAUIN.COM- Demi meningkatkan potensi wilayah Desa Binaanya kembali 
Babinsa Jumrah Koramil 0321-05/RM Kopda Supriadi melaksanakan kegiatan pendampingan UMKM MANDIRI Ternak burung puyuh milik Sutini di Dusun Sarang Olang, Kepenghuluan Jumrah, Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir, Senin (4/3/2024).

Danramil 05/ RM Kapten arh Iswandi melalui Babinsa, Kopda Supriadi mengatakan burung puyuh merupakan hewan ternak potensial yang apabila dipelihara dengan baik akan memberi nilai ekonomis yang lumayan, dagingnya memiliki nilai jual yang lumayan tinggi kerena selalu dikomsumsi masyarakat banyak, terlebih telur burung puyuh meningkat karena kebutuhan pasar.

"Di luar itu limbah kotoran burung puyuh pun bisa digunakan untuk pupuk pertanian, karena sangat membantu serta bagus untuk menyuburkan tanaman. Jadi semuanya bisa dipergunakan untuk membantu meningkatkan usaha warga serta pertanian," kata Kopda Supriadi.

Pendampingan yang diberikan ini, kata Babinsa merupakan tugas dan tanggung jawab sebagai aparat kewilayahan dalam mendukung program pemerintah dalam mewujudkan kemakmuran warga serta peningkatan UMKM.

"Pendampingan ini membantu meningkatkan perekonomian masyarakat desa binaan babinsa. Hasil Peternakan milik Ibu Sutini, burung puyuh 1100 ekor dengan, hasil telur 1000 butir/hari," terang Babinsa.

Sementara peternak burung puyuh Sutini mengucapkan terima kasih  kepada Babinsa Jumrah, Kopda Supriadi yang selalu hadir dalam memberikan motivasi dan semangat bagi mereka para peternak burung puyuh di wilayah binaan.

"Pak Babinsa selalu berikan kami motovasi dalam usaha ini. Terima kasih Pak Babinsa, semoga TNI selalu jaya," pungkas Surtini. -jonjon