Advertorial

Pj Bupati Kampar Buka MTQ Ke-53 Tingkat Kabupaten Kampar


Kamis, 29 Februari 2024 - 16:33:42 WIB
Pj Bupati Kampar Buka MTQ Ke-53 Tingkat Kabupaten Kampar

RIAUIN.COM- Penjabat Bupati Kampar Hambali SE MBA MH membuka secara resmi perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-53 tingkat Kabupaten Kampar. MTQ ini digelar di Kecamatan Perhentian Raja, yang dipusatkan di Astaka Utama Desa Pantai Raja, Kecamatan Perhentian Raja, Kamis (29/2/2024).

Hadir pada pembukaan MTQ itu diantaranya Gubernur Riau yang diwakili Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau DR Muliardi MPd, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Perhentian Raja, Pj Sekretaris Daerah Drs Yusri MSi, Ketua LPTQ Kabupaten Kampar Yurnalis, Ketua TP-PKK Kabupaten Kampar Ricana Dyanti Hambali, Anggota DPRD Kabupaten Kampar Iip Nursaleh, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar, Ketua MUI Kabupaten Kampar, seluruh camat, serta kafilah MTQ.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Kampar yang diwakili Pj Sekda Kampar menyampaikan, pelaksanaan MTQ kali ini merupakan momentum yang bertepatan dengan memasuki bulan suci Ramadhan, di mana al Quran pertama kali diturunkan.

"Maka sepekan ini bumi Perhentian Raja mendapat berkah dengan dikumandangkan ayat-ayat al Quran yang dilantunkan oleh qori-qoriah terbaik dari urusan 21 kecamatan se-Kabupaten Kampar," ungkap Yusri.

Lebih jauh Yusri  menjelaskan bahwa MTQ kali ini berbeda dari sebelum-sebelumnya, jarak waktu antara MTQ tingkat Provinsi dengan MTQ saat ini amat pendek, hanya lebih kurang 2 bulan saja, tentunya untuk menuju keikutsertaan Kampar pada MTQ tingkat Provinsi yang ke-43 perlu mempersiapkan diri secara maksimal, mudah-mudahan hasil MTQ ini dapat membuahkan hasil sesuai yang kita harapkan.

"Kita mengedepankan kesantunan dan kejujuran dalam mengikuti rangkaian mekanisme MTQ khususnya di Kampar, bahwa peserta MTQ Kabupaten Kampar yang kita gelar ini terdiri dari pada putra-putri daerah Kabupaten Kampar itu sendiri, yang dibuktikan dengan Identitas diri berasal dari Kabupaten Kampar, sehingga dibalik ini ada unsur pembinaan dari anak asli daerah Kabupaten Kampar," imbuhnya.

Lebih jauh Hambali mengatakan kedepannya dalam rangka pengembangan al Quran sampai ke desa-desa sambil mensyiarkan ke bumi Kabupaten Kampar. Maka perlu dilaksanakan kembali musabaqoh secara berjenjang, mulai dari tingkat desa, tingkat kecamatan, dan sampai ke tingkat kabupaten.

"Dalam kesempatan ini juga, kami menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya serta ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat terkhusus kepada orang tua yang terlah mengarahkan anak-anak kita untuk belajar al Quran, para guru ustadz buya yang telah mengorbankan waktunya untuk mengajarkan al Quran kepada penerus negeri, sehingga pada MTQ kali ini setiap Kecamatan telah mengirimkan putra/putri terbaik dalam rangka mensyiarkan ayat-ayat Allah SWT," terangnya.

Mudah-mudahan kata dia, para orang tuan, para guru, ustadz, buya, anak-anak kami dan semua kita masyarakat Kabupaten Kampar ini termasuk golongan yang terbaik disisi Allah Swt.

"Kami juga berpesan kepada seluruh peserta agar meluruskan niat dan berikhtiar, sehingga mendapatkan hasil terbaik dan mampu mengharumkan Kabupaten Kampar ditingkat provinsi, nasional bahkan internasional," tuturnya.

Dalam sambutannya Gubernur Riau yang diwakili Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, DR Muliardi MPd, MTQ ini diselenggarakan untuk mempersiapkan kafilah Kampar yang akan mengikuti MTQ tingkat Provinsi Riau mendatang. Ia juga menambahkan Pemerintah Provinsi Riau memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap pelaksanaan MTQ ini.

Ia juga mengatakan pelaksanaan MTQ ini yang paling utama sebagai umat Islam wajib agar masyarakat Kabupaten Kampar lebih mencintai Al Quran ,

"E-MTQ menghadirkan transparansi dalam pelaksanaan diberbagai bidang pelaksanaan MTQ, dan yang paling utama adalah pelaksanaan MTQ juga sebagai ajang silahturahmi antar qari dan qariah agar lebih memperkuat ukuwah Islamiyyah," katanya.

Diakhir arahannya Muliardi mengatakan agar seluruh LPTQ selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Riau, karena persatuan dan kesatuan akan membawa kesuksesan yang tinggi bagi Provinsi Riau dalam ajang nasional bahkan internasional.

Sementara itu Ketua Panitia MTQ ke-53 Tingkat Kabupaten Kampar Yurnalis, S,sos dalam laporannya menyampaikan bahwa penyelenggaraan MTQ merupakan ajang mensyiarkan gema Al Qur’an di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Kampar dan menjadikan Al Qur’an sebagai pegangan hidup dan pedoman menjalani kehidupan.

Yurnalis juga memaparkan Jumlah peserta yang telah terdaftar 607 dan yang lulus seleksi 583, gugur 20 orang yang bukan berasal dari Kabupaten Kampar atau tidak memiliki kartu indentitas asli Kampar. Juri 120 orang berasal dari LPTQ Nasional, Provinsi Riau dan Kabupaten Kampar, pelaksanaan MTQ ke-53 tingkat Kabupaten Kampar ini akan digelar dari tanggal 29 Februari hingga 6 Maret 2024.