Mantap, Kuansing Kembali Terima Penghargaan Adipura, Kota Kecil yang Bersih


Sabtu, 02 Maret 2024 - 14:32:12 WIB
Mantap, Kuansing Kembali Terima Penghargaan Adipura, Kota Kecil yang Bersih Kota Telukkuantan

RIAUIN.COM- Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) kembali menerima penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup, yakni penghargaan Adipura.

Penghargaan ini merupakan kali kedua yang diterima oleh Pemerintah Kuansing. Adipura yang pertama, dulu dicapai semasa Kuansing dipimpin oleh Bupati H Mursini pada tahun 2017 lalu. Penghargaan yang kedua pada tahun 2023 lalu di masa Pemerintahan Bupati H Suhardiman Amby

Penghargaan yang kedua rencananya akan diterima langsung oleh Bupati Kuansing saat ini H Suhardiman Amby. Penyerahan penghargaan Adipura akan diberikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH Maaruf Amin di Gedung Manggala Wanabakti Kantor Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jl Gatot Subroto Jakarta, Selasa mendatang (5/3/2024).

Kepastian penghargaan itu disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) Kuansing, Deflides Gusni kepada Riauin.com, Sabtu (2/3/24) melalui sambungan telepon.

Kata Deflides, Adipura itu merupakan penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup. Dan itu telah membuktikan komitmen bersama dalam menjaga lingkungan hidup yang bersih.

Dia menyampaikan ucapan terimakasih kepada beragam pihak termasuk media massa yang selama ini mensupport DLH Kuansing untuk mencapai misi tersebut.

Peran yang sangat penting selama ini, kata Deflides adalah berkat arahan dan dorongan dari Bupati Suhardiman Amby sehingga piala Adipura bisa diboyong kembali untuk kedua kalinya.

"Ini merupakan penghargaan yang tertinggi di bidang lingkungan hidup. Kuansing mampu bersaing dari ratusan kota kecil yang ada di Indonesia," ujarnya.

Setidaknya ada sekitar 300 lebih kota kecil yang ada di Indonesia, dari sekian banyak kota itu di ambil 80 kota yang masuk penilaian. "Dan Alhamdulillah, Kuansing berhasil mendapatkannya," ucap mantan Camat Singingi itu menjelaskan.

Keberhasilan itu, sambungnya, bukan hanya keberhasilan DLH semata, namun keberhasilan semua warga Kuansing yang telah memberikan support dan dorongan dengan menjaga kebersihan lingkungan.

Sementara itu Bupati Kuansing H Suhardiman Amby mengaku bangga dan terharu dengan capaian tersebut. "Akhirnya kita berhasil mengemas kembali Adipura keTanah Kuansing, ujar Bupati yang bergelar Datuk Panglimo Dalam.

Dikatakannya, keberhasilan itu adalah berkat kerja keras semua elemen masyarakat, terutama "Pasukan Garuda Putih" di bawah komando Dinas DLH, yang sudah berjibaku saban hari membersihkan jalan dan taman yang ada di Kota Teluk Kuantan.  

"Mari terus kita jaga kebersihan kota kita, agar Adipura itu tetap bersemayam di Kuansing," himbau Suhardiman Amby.- hen