Anggota TNI Meninggal Saat Bertugas Amankan Pleno di Inhu


Jumat, 01 Maret 2024 - 14:49:53 WIB
Anggota TNI Meninggal Saat Bertugas Amankan Pleno di Inhu Jasad korban saat diangkut melalui ambulan/foto:tsi

RIAUIN.COM - Seorang anggota TNI dari Kodim 0302 Inhu, Riau, bernama Serma Fedi Darmasyah meninggal dunia saat tugas mengawal rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Peristiwa itu terjadi di Dang Purnama Rengat, Kamis (29/02/2024) kemaren.

Kapolres Inhu AKBP Dody Wirawijaya saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, Prajurit TNI ini meninggal diduga karena sakit yang dideritanya selama ini.

"Menurut rekan rekan almarhum ada riwayat sakit jantung," kata AKBP Dody, Jumat (01/03/2024).

Kapolres menjelaskan, almarhum tidak dimakamkan di Kabupaten Inhu, tetapi akan dipulangkan ke kampung halamannya. Terkait meninggalnya almarhum saat bertugas rapat pleno, Polres Inhu memberikan tali asih kepada keluarga almarhum.

"Jenazah dibawa ke Sumatera Utara (Sumut) untuk dimakamkan di sana. Kita juga titipkan santunan yang kita titip ke Pasipers yang mengantar almarhum ke Sumut," kata Kapolres.

Sementara itu Pasi Intelijen Kodim 0302 Inhu, Kapten Hendra Darma menjelaskan bahwa Serma Fedi pagi tadi mengikuti apel rapat pleno bersama rekannya Serda Khairul Sekira pukul 09.30 WIB, Serma Fedi mengambil foto dokumentasi, dan saat itu pula korban pingsan dan terjatuh hingga bagian belakang kepala korban terbentur batu. Akibatnya peristiwa itu, korban tidak sadarkan diri.

Sebelumnya sebut Hendra, sekira pukul 07.00 WIB Serma Fedi mengikuti apel pengamanan rapat pleno dalam kondisi sehat. Usai apel, almarhum bersama rekannya Serda Khairul, masuk ke lokasi acara dan memilih duduk dibagian belakang gedung. 

"Kepala korban mengeluarkan darah, dan langsung dievakuasi ke rumah sakit. Namun nyawa korban tak bisa diselamatkan. Tepat pada pukul 10.10 Wib tim medis yang melakukan pertolongan menyatakan korban Serma Fedi telah meninggal dunia," tutur Hendra.

Setelah dinyatakan meninggal dilakukan fardu kifayah. Jenazah di salatkan  di Masjid Darus Sa'adah Jalan Aski Aris, Kelurahan Skip Hulu. Setelah itu jenazah dibawa ke Desa Bajarunggu, Dusun 2, Kecamatan Dolok Masihol, Kabupaten Serdang Begadai, Sumut.(*)