Jaga Hak Pilih, Polisi Dampingi KPPS Kunjungi Rumah Lansia di Tanjung Medan


Rabu, 14 Februari 2024 - 15:25:50 WIB
Jaga Hak Pilih, Polisi Dampingi KPPS Kunjungi Rumah Lansia di Tanjung Medan Kunjungan ke rumah lansia untuk salurkan hak pilih/foto,:tsi

RIAUIN.COM - Polsek Pujud, Polres Rokan Hilir (Rohil) melaksanakan pengamanan dalam rangka kunjungan KPPS ke rumah dua warga lanjut usia (lansia) di Jalan Lobai Abu, RT 02 RW 01, Dusun Napangga Tanjung Medan Kecamatan Tanjung Medan.

Hal ini dilakukan karena warga tersebut terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) namun kondisi keduanya tidak memungkinkan untuk datang ke TPS melakukan pencoblosan.

Untuk itu, personil Polsek Pujud bersama petugas KPPS, PPS didampingi Pengawas TPS datang ke rumah kedua warga tersebut untuk menyalurkan hak pilihnya.

Kapolsek Pujud AKP Tri Adiyatmika SH MH menjelaskan, lansia tersebut bernama Sarmini dan Upik. Saat ini kondisi kedua lansia tersebut dalam keadaan kurang sehat.

"Kami melakukan pengawalan KPPS yang datang ke rumah Ibu Sarmini dan Upik. Karena yang bersangkutan sudah lanjut usia dan sedang kurang sehat. Untuk menyalurkan hak pilihnya, KPPS, PPS bersama Pengawas TPS, PAM TPS datang untuk memberikan haknya untuk melakukan pencoblosan di rumah," kata AKP Tri Adiyatmika SH MH.

Dijelaskan Tri, setiap warga negara memiliki hak yang sama. Maka dari itu, dalam kondisi yang tidak memungkinkan, pihak penyelenggara Pemilu harus memastikan setiap warganya dapat menyalurkan hak pilihnya.

"Inilah wujud demokrasi kita. Setiap warga yang memiliki hak pilih wajib kita berikan kesempatan untuk memilih, apapun kondisinya. Ini juga salah satu langkah untuk menekan angka golput dalam Pemilu 202," pungkasnya.-dnr