Tertibkan APK, Bawaslu Riau Larang Kampanye di Masa Tenang


Ahad, 11 Februari 2024 - 18:55:52 WIB
Tertibkan APK, Bawaslu Riau Larang Kampanye di Masa Tenang Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal/foto:dnr

RIAUIN.COM - Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau mengingatkan kepada seluruh peserta pemilu agar tidak berkampanye di masa tenang. Hal ini disampaikan oleh Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal disela-sela mengawasi penurunan alat peraga kampanye (APK) di Kota Pekanbaru, Minggu (11/2/2024).

Alnofrizal menyebut, ada sanksi pidana bagi peserta pemilu yang melanggar aturan tersebut sesuai yang diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017.

"Kampanye ini sudah habis (masanya, red). APK adalah media kampanye, kita berharap tidak ada kampanye. Kalau ada kampanye di masa tenang, itu adalah pelanggaran Pemilu, ada sanksi pidana satu tahun penjara karena kampanye di luar jadwal," tegas Alnofrizal.

Dia menjelaskan, saat ini Bawaslu Riau dan jajaran sedang melaksanakan pembongkaran dan penertiban seluruh APK yang terpasang. Pembongkaran telah dimulai sejak Minggu dini hari.

"Di masa tenang ini seluruh APK tidak ada lagi. Sebelumnya kita sudah minta kepada peserta Pemilu untuk menertibkan secara mandiri APK mereka yang masih terpasang. Kalau masih terpasang, kita bekerjasama dengan Satpol PP untuk melakukan penertiban," pungkasnya.

Dari pantauan, terlihat sejumlah Pengawas TPS dikerahkan untuk melakukan penertiban APK yang masih terpajang di sepanjang jalan di Kota Pekanbaru.-dnr