KPU Riau Pastikan Logistik Pemilu 2024 Selesai Didistribusikan H-1


Sabtu, 10 Februari 2024 - 00:25:41 WIB
KPU Riau Pastikan Logistik Pemilu 2024 Selesai Didistribusikan H-1 Ktua KPU Riau Ilham M Yasir saat memberikan penjelasan kepada wartawan di dampingi anggota KPU Riau, Nugroho Noto Susanto dan Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal, Sabtu (10/2/2024). | Foto : ovie

RIAUIN.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau memastikan logistik Pemilu 2024 selesai didistribusikan pada H-1 sebelum hari pemungutan suara, Rabu 14 Februari mendatang. KPU telah mendistribusikan logistik Pemilu 2024 sejak 7 Februari 2024 lalu.

Menurut Ketua KPU Riau, Ilham M Yasir saat menggelar diskusi dengan wartawan, Sabtu (10/2/2024) pihaknya memastikan seleuruh logistik Pemilu 2024 selesai didistribusikan pada 13 Februari 2024. Saat ini logistik Pemilu sudah bergeser dari gudang KPU kabupaten kota ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

"Selanjutnya logistik Pemilu yang terdiri dari kotak suara, surat suara, tinta, bilik pemungutan suara, segel, alat untuk mencoblos pilihan, dan TPS akan didistribusikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat kelurahan sampai ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) paling lambat satu hari sebelum pemungutan suara," kata Ilham didampinggi anggota KPU Riau, Nugroho Noto Susanto dan Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal.  

Selain itu dalam logistik Pemilu juga ada sampul kertas, tanda pengenal, karet pengikat surat suara, lem atau perekat, kantong plastik, bolpoin, gembok, spidol, formulir, stiker nomor kotak suara, tali pengikat alat untuk mencoblos pilihan, dan alat bantu tunanetra. Juga perlengkapan pemungutan suara lainnya yang terdiri dari salinan Daftar Pemilih Tetap (DPT), salinan Daftar Pemilih Tambahan (DPtb), Daftar Pasangan Calon (DPC), Daftar Calon Tetap (DCT) DPR, DCT DPD, DCT DPRD provinsi, DCT DPRD kabupaten/kota, dan label identitas kotak suara untuk setiap jenis Pemilu.

Terkait mengenai jumlah pemilih tetap atau DPT berdasarkan data KPU terdapat 4.732.174 pemilih dengan jumlah TPS sebanyak 19.366 TPS.

Pada kesempatan itu, Ilham mengajak seluruh masyarakat Riau yang telah terdaftar dalam DPT untuk dapat menyalurkan hak suaranya pada tanggal 14 Februari mendatang.

"Mari gunakan hak suara kita di Pemilu 2024 ini, jangan sampai golput," ajak Ilham.

Disisi lain, Nugroho Noto Susanto yang akrab disapa Nugi mengatakan, Sumber Daya Manusia sudah siap menyukseskan Pemilu terutama pada hari pencoblosan dan pemungutan suara Pemilu 2024. Seluruh panitia Ad Hoc sudah dilantik dan diberikan bimbingan tekhnik untuk pelaksanaan Pemilu.

"Bagi KPPS yang belum dilantik atau belum sempat dilantik kemarin, seluruhnya sudah dilantik dan uang transport serta uang bimtek pun sudah disalurkan ke bawah. Mereka juga dibekali dengan asuransi, kita berharap kejadian Pemilu 2019 lalu tidak lagi terjadi. Bagi KPPS yang kelelahan diberikan waktu untuk beristirahat secara bergantian," kata Nugi.

Dilihat dari sistem dan pola kerja KPPS di Pemilu tahun ini, Nugi optimis pada pukul 24.00 wib penghitungan selesai. Sehingga tidak ada lagi KPPS yang berkerja hingga dini hari seperti pengalaman lima tahun sebelumnya, yang membuat petugas KPPS kelelahan.

Sedangkan Alnofrizal mengakui dari sisi pengawasan juga berlangsung sesuai dengan tahapan. Alnof mengingatkan agar dimasa tenang tiga hari kedepan semua pihak dapat menahan diri.

"Masa kampanye sudah berakhir hari ini. Dan mulai besok memasuki masa tenang hingga tiga hari kedepan. Kami akan melakukan pencopotan alat peraga kampanye dan poster-poster di jalan-jalan. Namun karena keterbatasan personel, kami minta kerja sama semua pihak, termasuk masyarakat setempat untuk mencopot spanduk, poster, baleho dan lain alat peraga kampanye," ucap Alnof.  -vie