Hindarkan Politik Praktis, Kapolres Bengkalis Tegaskan Anggota Jaga Netralitas


Rabu, 07 Februari 2024 - 15:23:39 WIB
Hindarkan Politik Praktis, Kapolres Bengkalis Tegaskan Anggota Jaga Netralitas Apel siaga di Mapolres Bengkalis/foto:tsi

RIAUIN.COM - Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen kuat dan menjunjung tinggi netralitas dalam pelaksanaan Pemilu mendatang. Selain itu, seluruh personil di Polres Bengkalis dituntut untuk tidak terlibat politik praktis.

Hal ini disampaikan Bimo dalam apel pagi yang dilaksanakan secara hybrid di halaman Mapolres Bengkalis, Rabu (7/2/2024).

Bimo menegaskan, dirinya memberikan perhatian yang serius kepada seluruh anggota kepolisian untuk memastikan bahwa seluruh personil polisi di Polres Bengkalis dan jajaran tidak terlibat dalam politik praktis.

Hal ini merupakan bagian dari upaya untuk memastikan bahwa institusi kepolisian tetap netral dan tidak terlibat dalam urusan politik yang bisa merusak integritas dan independensinya. 

AKBP Setyo Bimo Anggoro secara tegas mengingatkan seluruh anggota kepolisian fokus pada tugas dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, tanpa memihak kepada pihak manapun dalam ranah politik.

"Saya ingatkan kepada rekan-rekan personil Polres Bengkalis, bahwa kita netral, kita tidak ada berpihak dan agar berhati-hati menjaga lisan dan tingkah laku agar tidak dipolitisir oleh pihak-pihak tertentu," Tegas Bimo.

Dalam konteks ini, Kapolres Bengkalis juga mengingatkan bahwa keterlibatan anggota kepolisian dalam politik praktis bisa mengganggu kinerja dan citra Polres Bengkalis secara keseluruhan. Oleh karena itu, seluruh personil polisi diinstruksikan untuk mematuhi kode etik dan menjauhi segala bentuk aktivitas politik yang dapat mengarah pada ketidaknetralan.

Kata dia, komitmen ini merupakan upaya serius Polres Bengkalis dalam menjaga integritas, profesionalisme, dan independensi kepolisian. Dengan memastikan netralitas personil, diharapkan kinerja Polres Bengkalis dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dapat tetap optimal dan tidak terpengaruh oleh kepentingan politik tertentu.

"Pernyataan ini juga menjadi momentum bagi seluruh personil Polres Bengkalis untuk merefleksikan kembali peran dan tanggung jawab mereka sebagai penegak hukum yang harus menjaga netralitas dan independensi dalam menjalankan tugas-tugas mereka. Dengan demikian, Polres Bengkalis dapat terus menjadi pilar keamanan dan ketertiban masyarakat yang dapat dipercaya oleh semua pihak," pungkasnya.-dnr