Wabub Rohil Jelaskan Kronologi Cekcok dengan Bupati Afrizal Sintong


Jumat, 02 Februari 2024 - 11:16:19 WIB
Wabub Rohil Jelaskan Kronologi Cekcok dengan Bupati Afrizal Sintong Wakil Bupati Rohil H Sulaiman/foto:ss

RIAUIN.COM - Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hilir (Rohil), H Sulaiman mengklarifikasi soal dirinya yang nyaris adu jotos dengan Bupati Afrizal Sintong di acara pelantikannya Pjs Penghulu, Pjs Datin dan Datuk Penghulu ll, Kecamatan Pekaitan, Rohil, Kamis (1/2/2024).

Saat itu dia dan Bupati Afrizal Sintong yang duduk bersebelahan terlibat cekcok yang berujung dengan aksi saling dorong. Sulaiman menjelaskan bahwa selama ini dirinya tak pernah bertengkar dengan Bupati Afrizal Sintong. 

"Saya nggak pernah merasa bertengkar dengan Bupati, yang ada 'saya dizalimi' bupati. Bukti dizalimi setiap acara pelantikan khususnya tahun 2023, itu tidak ada konfirmasi. Tetiba Lantik, baik Pjs Kepenghuluan maupun Kepala Sekolah. Saya minimal harus tau lah, saya kan Wakil Bupati," ujarnya melalui rekaman video yang diterima, Jumat (2/2/2024).

Dia menerangkan, awal mulanya cekcok ketika dirinya datang menghadiri sekaligus meminta klarifikasi kepada bupati karena tidak diberi tahu dan diundang dalam acara tersebut.

"Sampai berdebat saya sama bupati tadi (Kamis, red), akhirnya saya tanyalah. Kok Camat Bangko (diganti, red). Memang Camat Bangko itu adik saya. Saya bilang kenapa diganti pak bupati? (Bupati menjawab) dia tidak mendengar perintah, yang jadi pertanyaan perintah apa sekarang," kata Sulaiman heran.

Saat berdebat, ibu bupati yang saat itu hadir dan ikut terlibat lalu ditegur oleh Sulaiman. Hal inilah yang diduga  menyebabkan Bupati Afrizal Sintong marah dan mendorong wakilnya itu.

"Saya nggak perhatikan, saya bupati fokus saya. Saya bilang (sambil menunjuk) jangan ikut campur, ini urusan saya dengan bupati lah. Bupati mendorong saya, dan terlalu reflek saya dorong," ungkap Sulaiman.

Sulaiman menyebut dirinya tidak menginginkan peristiwa itu terjadi. Perlu digarisbawahi bahwa dirinya tidak ada niat untuk menggagalkan pelantikan Pejabat sementara (Pjs) tersebut.

"Pelantikan Pjs tadi tidak ada niat saya membatalkan. Makanya saya bilang tadi lanjutkan," pungkasnya.

Sebelumnya, beredar rekaman video yang memperlihatkan Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong nyaris baku hantam dengan Wakil Bupati (Wabup) Sulaiman. Rekaman ini pun viral berseliweran di media sosial dan grup-grup WhatsApp.

Dilihat dalam rekaman, kedua pejabat ini nyaris baku hantam ketika cara tari persembahan. Ketika itu keduanya duduk berdampingan. Keduanya terlibat pembicaraan serius hingga akhirnya sang Bupati berdiri mendorong Wakilnya itu. Saat itulah terjadi aksi saling dorong yang akhirnya mereka dipisahkan oleh seorang berseragam  coklat.

Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong melalui keterangan tertulisnya menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat yang hadir atas peristiwa ini. 

"Atas adanya sedikit gangguan, kami atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat atas ketidak nyamanan nya," kata Bupati. 

Dia menjelaskan, awalnya acara pelantikan puluhan Pjs Datin dan Datuk Penghulu tersebut hanya dihadiri Bupati Rohil Afrizal Sintong. Namun, sesaat acara di buka, Wakil Bupati Rohil H Sulaiman kemudian datang dan duduk tepat di sebelah Bupati. 

Afrizal Sintong menyebutkan keributan yang terjadi mungkin disebabkan dirinya tidak melaporkan acara pelantikan Pjs Penghulu tersebut kepada Wakil Bupati. 

"Mungkin karena kami tidak melaporkan acara ini kepada Wakil Bupati sehingga mungkin ada yang tidak sesuai dengan perasaan Wakil," terangnya. 

Padahal lanjutnya, seluruh datuk dan datin Penghulu yang dilantik merupakan usulan dari para tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat melalui Camat di wilayahnya masing-masing tanpa adanya penunjukan dari Bupati.-dnr